Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi III DPR Teuku Taufiqulhadi meyakini Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim KPK) akan menyeleksi 192 kandidat yang lulus administrasi dengan profesional, kredibel, dan objektif.

"Mereka adalah orang yang sangat profesional selama ini, dan karena itulah mereka ditunjuk oleh Presiden menjadi anggota pansel," kata Taufiqulhadi di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Tugas Pansel Capim KPK lebih berat karena polarisasi pilpres

Baca juga: IPW: Pansel Capim KPK harus kerja keras

Baca juga: KPK percaya Presiden tidak pilih capim bermasalah



Menurut politikus Nasdem ini, DPR akan sangat terbantu dengan proses seleksi yang dilakukan pansel yang akan mengerucutkan kandidat capim KPK menjadi 10 orang untuk diserahkan ke parlemen.

DPR melalui Komisi III, kata Taufiqulhadi, bakal menggelar uji kelayakan dan kepatutan terhadap 10 nama kandidat tersebut untuk selanjutnya disaring menjadi lima orang.

"DPR sudah sangat terbantu dengan adanya pansel yang terlebih dahulu melakukan tes terhadap mereka. DPR hanya memilih lima orang dari 10 capim yang dikirim ke DPR," ujar Taufiqulhadi.

Melihat kualitas susunan Pansel Capim KPK saat ini, wakil rakyat kelahiran Aceh ini percaya proses seleksi akan melahirkan kandidat komisioner KPK periode 2019-2023 terbaik.

"Sepuluh capim yang dikirim sudah pasti yang terbaik. Insya Allah, karenanya DPR dapat memilih calon yang baik," tandas Taufiqulhadi.

Sebanyak 192 capim KPK yang lulus administrasi berhak mengikuti tahap selanjutnya, yakni uji kompetensi pada 18 Juli 2019 di Pusdiklat Kemensetneg. Uji kompetensi meliputi tes objektif dan penulisan makalah.

Berikut rincian 192 pendaftar yang lulus seleksi administrasi Capim KPK berdasarkan latar belakang profesi;

Akademisi/dosen: 40 orang (dari 76 pendaftar).

Advokat/konsultan hukum: 39 orang (dari 63 pendaftar)

Korporasi (swasta/BUMD/BUMN): 17 orang (dari 40 pendaftar)

Jaksa/hakim: 18 orang (dari 20 pendaftar)

Anggota TNI: tidak ada yang lulus (dari 1 orang pendaftar)

Anggota Polri: 13 orang (dari 13 pendaftar)

Auditor: 9 orang (dari 11 pendaftar)

Komisioner/pegawai KPK: 13 orang (dari 18 pendfatar)

Lain-lain (PNS, pensiunan, wiraswasta, NGO, pejabat negara): 43 orang (dari 134 pendaftar).

Pewarta: Sigit Pinardi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019