Memiliki hubungan emosional dalam setiap menjalankan tugas
Mamuju (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat berkerja sama dengan Polda Sulawesi Barat  melakukan pengawasan terhadap orang asing.

Kepala Kanwil Kemenkumham, Harun Sulianto, menyampaikan soal pengawasan orang asing itu saat menghadiri upacara peringatan hari Bhayangkara ke-73 di Polda Sulbar, Rabu.

Ia mengatakan, Kemenkumham dan Polda di Sulbar sejauh ini sudah melakukan  sinergi yang kuat dalam melaksanakan tugas.

Baca juga: Kemenkum HAM Sulbar ingatkan petugas Imigrasi kedepankan integritas

Menurut dia, Kemenkumham dan Polda Sulbar telah bersinergi dengan menjadikan, lembaga pemasyarakatan sebagai titik sambang kontrol keliling Polres setiap hari.

Selain kerja sama dalam pengawasan orang asing dengan kantor imigrasi Sulbar termasuk pelatihan intelijen bagi petugas Lapas.

Baca juga: 424 narapidana di Sulbar dapat remisi Idul Fitri

"Polda Sulbar juga memberikan bantuan pengamanan lapas dan rutan serta berkoordinasi penegakan hukum terkait fidusia dan tugas teknis lainnya.

Ia  mengapreasiasi kepemimpinan Kapolda Sulbar Brigjen Polisi Drs Baharuddin Djafar, M.Si, yg secara rutin terjun langsung serta selalu menyempatkan diri sholat berjamaah dengan warga binaan di Lapas dan Rutan setempat.

"Pak Kapolda Sulbar ini lebih dikenal warga binaan ketimbang Kakanwil Kemenkumham karena memang kami baru empat bulan bertugas di Sulbar," kata Harun.

Ia mengatakan, sinergi Kemenkumham Sulbar dan Polda Sulbar bukan hanya bersifat struktural tapi juga terjalinnya hubungan emosional karena disetiap lawatannya Kapolda mengunjungi Rutan dan Lapas dan kami pun mengunjungi setiap kantor Polres dan Polsek.

Baca juga: Kemenag-Kemenkum HAM Sulbar kerja sama percepatan paspor JCH

Pewarta: M.Faisal Hanapi
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019