Yang naik banyak paling cuma cabai doang, bisa sampai Rp40.000 per kilogram
Jakarta (ANTARA) - Kenaikan sejumlah bahan pokok di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur didominasi oleh berbagai jenis cabai. Kendati demikian, sejumlah pedagang di sana mengaku harga komoditas pangan lain tergolong stabil.

"Yang naik banyak paling cuma cabai doang, bisa sampai Rp40.000 per kilogram," ujar Dedi, salah satu pedagang di pasar tersebut.

Selain itu, cabai rawit merah dari yang biasanya berada di harga Rp20.000 per kilogram, menjadi Rp45.000 per kilogram, meningkat hampir 42 persen. Sementara harga cabai merah besar pada periode sama, naik hingga Rp50.000 per kilogram.

Baca juga: Meski mahal, cabai tetap diburu di Jakarta

Kenaikan ini, menurut Dedi, terjadi akibat musim kemarau yang sedang terjadi sejak Februari hingga saat ini dan mempengaruhi waktu tanam hingga stok cabai yang akan diedarkan di pasar.

"Mungkin karena lagi musim kering (kemarau), jadi petani susah menanam, jadi stok cabainya juga nggak sebanyak biasanya dan bikin harga juga naik," kata dia.

Baca juga: Harga cabai di Jakarta melonjak hingga 150 persen

Sementara itu, berdasarkan pantauan di beberapa pasar DKI Jakarta yang ditinjau dari situs infopangan.jakarta.go.id, harga rata-rata komoditas cabai di ibu kota pada hari ini, memang mengalami kenaikan yang cukup tinggi yakni Rp63.680 hingga Rp69.829 per kilogramnya.

Namun untuk komoditas pangan lainnya seperti bawang putih, bawang merah, hingga kentang cenderung stabil bahkan terjadi penurunan harga.

Baca juga: Harga cabai di Jakarta merangkak naik

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019