Makassar (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah mengatakan pihaknya bersama pemerintah Singapura siap memperkuat kerja sama dalam berbagai bidang untuk kemajuan daerah masing-masing.

Nurdin Abdullah mengatakan Sulsel dan Singapura memiliki hubungan erat yang salah satunya dibuktikan dengan kontribusi Sulsel mengekspor hasil perikanan dan pertanian ke negara tersebut.

"Mereka ingin mempererat lagi hubungan kerjasama ini, tadi saya usulkan bahwa sepanjang tahun, kita sekian lama itu mengekspor dalam bentuk material, nilai tambahnya kecil. Saya sampaikan kepada mereka mau nggak kita kolaborasi," kata Nurdin Abdullah usai menerima Senior Parliamentary Secretary, Ministry of Foreign Affairs and Ministry of Trade and Industry Singapura, Dr Tan Wu Meng di Makassar, Selasa.

Nurdin meminta pihak Singapura untuk mendatangkan teknologi dan modalnya untuk memulai kerja sama tersebut.

Teknologi tersebut untuk keperluan pertanian, perikanan dan perkebunan yang ada di Sulawesi Selatan. Setelah ada hasil dari kerja sama tersebut akan langsung diekspor ke seluruh dunia.

"Saya bilang, anda (Singapura) datang ke sini membawa teknologi, bawa modal ke sini, kita proses. Kita suplai di seluruh dunia, mereka sangat respon," jelasnya.

Pada kesempatan itu juga Nurdin Abdullah meminta pihak Singapura agar memoles sejumlah pulau yang ada di Sulsel. Apalagi lanjut Nurdin Abdullah, pulau di Sulsel masih banyak yang menganggur.

"Dari pada ke mana-mana itu Singapura mending kita bangun di sini. Pulau kita banyak. Pulau kita yang masih nganggur banyak, poles itu, datangkan turis-turis. Karena Singapura itu adalah hub dunia terutama di Asia Timur," lanjut guru besar Unhas Makassar itu.

Langkah tersebut diyakininya sebagai bukti Sulawesi Selatan serius untuk membangun kolaborasi dengan pemerintah Singapura.

"Ini harus betul-betul untuk jadikan Indonesia destinasi wisata. Kolaborasi kan bukan kita jual pulau tapi kita sama-sama mengembangkan pulau ini. Tapi yang terpenting Singapura ini kita butuhkan begitu juga Sulsel ini dibutuhkan oleh Singapura, potensi kelautan kita, potensi peternakan kita, potensi ikan kita, potensi perkebunan, pertanian," jelasnya.

Senior Parliamentary Secretary, Ministry of Foreign Affairs and Ministry of Trade and Industry Singapura, Dr Tan Wu Meng mengatakan akan serius untuk mendukung program kerja sama antara Sulsel dengan Singapura.

Baca juga: Singapura-Sulsel Jajaki Kerja Sama Perdagangan Langsung
Baca juga: Gubernur paparkan konsep pembangunan Sulsel di Singapura

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019