Wali Kota Dumai lepas 197 jemaah calon haji kloter 5

Wali Kota Dumai lepas 197 jemaah calon haji kloter 5

Petugas mendorong calon haji lanjut usia atau lansia menggunakan kursi roda di Asrama Haji Riau, di Kota Pekanbaru, Jumat (5/7/2019) ANTARA FOTO/FB Anggoro/nz.

Kota Pekanbaru (ANTARA) - Wali Kota Dumai Zulkifli melepas sebanyak 448 jemaah calon haji kloter 5 BTH untuk menuju embarkasi Batam yang selanjutnya diberangkatkan ke Madinah guna melaksanakan ibadah rukun Islam kelima itu.

"Jamaah harus menjaga kesehatan dan banyak minum, tidur dengan teratur agar badan tetap sehat dalam menjalani ibadah di Madinah dan Mekkah," kata Zulkifli di aula Embarkasi Haji Antara Riau, di Pekanbaru, Selasa.

Pelepasan jamaah calon haji ini merupakan kloter gabungan dari jamaah asal Kota Pekanbaru dan Dumai. Kloter 5 juga dilepas oleh Wali Kota Pekanbaru, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Riau Mahyudin, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Dumai, Kepala Kankemenag Kota Pekanbaru, serta jajaran pimpinan organisasi perangkat daerah Kota Pekanbaru,

Menurut dia, selain menjaga kesehatan, yang perlu diperhatikan para JCH dalam menjalankan ibadahnya adalah membedakan sunah dan wajib dalam ibadah haji.

Wali Kota Dumai, Zulkifli mengatakan, semua JCH kloter 5 BTH dalam kondisi yang sehat meskipun ada tiga jamaah yang memakai kursi roda namun diyakini setelah berada di tanah suci akan sehat dan petugas akan tetap memberikan pendampingan.

"Semoga seluruh jamaah calon haji kita ini selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT, dan diberikan kelancaran dalam ibadah hajinya dan Insya Allah nanti kembali ke Tanah Air membawa predikat haji mabrur," katanya.

Kakanwil Kemenag Riau, Mahyudin selaku Wakil Ketua PPIH EHA Provinsi Riau melaporkan bahwa semula jamaah Kloter 5 BTH asal Kota Pekanbaru sebanyak 256 kota dan Kota Dumai 187, sehingga total seluruhnya menjadi 448 jamaah.

Namun laporan terakhir, ada tiga jamaah yang sedang sakit yakni Ahmad Hasan Sakit dan Nurdianis Dahli Yahya sebagai pendamping. Sehingga total jamaah yang diberangkatkan sebanyak 443 orang, sementara itu JCH termuda pada kloter 5 BTH yakni Tasha Salsabila Makmur usia 19 tahun, dan tertua Nursiah Saayah Idrus usia (84).

"Sebanyak 443 jamaah ini akan diberangkatkan ke Madinah dengan Saudi Arabia Air Lines dengan nomor penerbangan SF 5121," katanya.

Sedangkan untuk penerbangan ke Batam menggunakan pesawat Lion Air untuk penerbangan pertama pada pukul 04.00 dan disusul penerbangan kedua pukul 04.10 dan ketiga pada pukul 04.15 WIB dini hari ini.

“Insyaallah jamaah haji kloter 5 akan kembali ke tanah air debarkasi dengan pesawat Saudi Air Lines SF 5400 pada 21 Agustus 2019 jam 20.45 WiB sudah diterbangkan ke Batam dan diterbangkan ke Pekanbaru dengan tiga kali penerbangan”, jelasnya.

Baca juga: 7 calon haji Riau ajukan mutasi kloter

Baca juga: Dari embarkasi haji antara Riau, ratusan calon haji Siak dilepas

 
Pewarta : Frislidia
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019