"Jika ada hasil penelitian secara ilmiah atau akademis maka hasilnya bisa digunakan pemerintah untuk merekomendasikan tata niaga tembakau yang lebih sederhana," kata Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo 
Temanggung (ANTARA) - Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo meminta Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melakukan kajian terhadap tata niaga pertembakauan di Temanggung, Jawa Tengah, sehingga saling menguntungkan dan tidak merugikan petani.

"Jika ada hasil penelitian secara ilmiah atau akademis maka hasilnya bisa digunakan pemerintah untuk merekomendasikan tata niaga tembakau yang lebih sederhana," katanya di Temanggung, Senin (8/7).

Ia menyampaikan hal tersebut usai membuka Perkemahan Ilmiah Remaja Regional (PIRR) Jawa Tengah di Graha Bhumi Phala Temanggung.

Ia mengakui saat ini komunikasi antara petani tembakau dengan pabrikan atau perwakilan perusahaan rokok yang membeli tembakau Temanggung masih sangat jauh. Hal ini yang menjadi kendala utama dalam tata niaga pertembakauan di Temanggung.

Baca juga: "Slametan wiwit tembakau" perkaya wisata kultural Temanggung

"Bagaimana tata niaga tembakau yang sederhana dan menguntungkan semua pihak. Jika ada hasil penelitian secara ilmiah dan komprehensif, maka hasilnya bisa dijadikan kajian dan bisa direkomendasikan," katanya.

Ia menegaskan satu-satunya yang bisa dijadikan kajian oleh pemerintah untuk mengubah tata niaga pertembakauan adalah hasil penelitian secara ilmiah. Oleh karena itu dalam PIRR Jateng yang dilaksanakan di Temanggung ini bisa meneliti tata niaga pertembakauan di Temanggung.

"Peserta bisa terjun langsung ke lapangan, dari situ bisa di gali informasi terkait dengan apa saja, salah satunya adalah tata niaga tembakau," katanya.

Menurut dia, pemerintah tidak bisa mengintervensi tata niaga tembakau yang ada saat ini sudah dilakukan setiap panen tembakau.

"Kalau memang ada hasil penelitiannya secara ilmiah dan kemudian sudah dikaji, tidak menutup kemungkinan akan digunakan pada panen raya tembakau tahun ini," katanya. 

Baca juga: 2.000 tumpeng ramaikan "Slametan Wiwit Tembakau" di Temanggung

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019