Disdik OKU akui proses penerimaan peserta didik baru berjalan lancar

Disdik OKU akui proses penerimaan peserta didik baru berjalan lancar

Logo Dinas Pendidikan (twitter)

Baturaja (ANTARA) - Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Alfarizi mengakui proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sistem zonasi tahun ajaran baru 2019 di wilayah setempat berjalan lancar.

"Pelaksanaan PPDB sistem zonasi tahun ajaran baru 2019, khususnya untuk jenjang Sekolah Dasar dan tingkat SMP di OKU sejauh ini berjalan lancar," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Ogan Komering Ulu (OKU), Alfarizi di Baturaja, Jumat.

Baca juga: KPAI: Masyarakat dukung kebijakan sistem zonasi

Menurut dia, penerapan PPDB sistem zonasi yang diterapkan pemerintah pusat untuk membantu memetakan para siswa menuju jenjang pendidikan khususnya di Kabupaten OKU berjalan lancar tidak ada kendala dalam setiap tahapannya.

"Meskipun sebelumnya banyak orang tua calon siswa baru banyak yang mengaku kebingungan karena sistem zonasi baru pertama kali diterapkan, namun semuanya dapat diatasi hingga penerimaan selesai dilaksanakan," katanya.

Dia menjelaskan, perubahan dalam penerimaan siswa didik baru ini merupakan penerapan dari sistem zonasi sekolah yang bertujuan agar sekolah yang kekurangan ruang kelas bisa mendapat bantuan untuk menjamin ketersediaan daya tampung siswa.

Dalam sistem ini, kata dia, para siswa didata dan dikelompokan pada zonasi yang ditentukan berdasarkan akses pelajar dengan jarak tempuh ke sekolah.

"Peserta didik baru ini nantinya akan diarahkan untuk masuk ke sekolah yang paling dekat dengan rumahnya," jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, daya dukung sekolah seperti sarana dan prasaran juga akan didata untuk pemerataan agar dapat memenuhi standar pendidikan.

"Intinya, Dinas Pendidikan ini pada prinsipnya hanya menjalankan apa yang diprogramkan pemerintah pusat agar berjalan lancar dan memberikan dampak positif bagi masyarakat," ujarnya.
Pewarta : Edo Purmana
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2019