Banjarmasin (ANTARA) - Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) menyiagakan sebanyak 744 personel untuk mengamankan puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI 2019 yang akan berlangsung pada 6 Juli 2019 di kompleks perkantoran Pemerintah Provinsi Kalsel, Kota Banjarbaru.

Karo Ops Polda Kalsel Kombes Pol. Isdiyono mengatakan bahwa anggota yang bertugas sudah bersiaga sejak Kamis (4/7). Hal ini menandai dimulainya rangkaian kegiatan memeriahkan Harganas.

Baca juga: BKKBN harapkan Harganas jadi momentum ketahanan keluarga

"Hari Kamis dibuka pameran dan gelar dagang di Banjarbaru dan ada parade jukung hias di Banjarmasin, semua personel bersiaga untuk mengamankannya," kata Isdiyono di Banjarmasin, Jumat.

Adapun personel yang terlibat, selain Polda, juga Polresta Banjarmasin, Polres Banjarbaru, dan Polres Banjar. Hal ini mengingat sekitar 13.000 peserta datang dari berbagai daerah di Nusantara.

Polda telah membagi lima titik fokus pengamanan, yakni seluruh penginapan atau hotel para peserta, Bandara Syamsudin Noor, lokasi pusat kegiatan di Kantor Setdaprov Kalsel, Banjarbaru, sejumlah kawasan wisata yang dikunjungi hingga jalur atau rute perjalanan yang dilintasi.

"Sekian banyak orang datang ke Kalsel, tentu jadi tanggung jawab kita bersama memberikan rasa aman dan nyaman. Kami berharap acara dapat berjalan lancar dan tamu-tamu, termasuk para pejabat daerah seluruh Indonesia mendapat kesan yang baik selama di sini," tutur Isdiyono kepada ANTARA.

Baca juga: Gubernur Kalsel sudah menghadap Presiden terkait Harganas

Adapun untuk puncaknya nanti pada hari Sabtu (6/7), akan dihadiri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani dan Deputi Koordinasi Bidang Peningkatan Kesehatan Agus Suprapto serta Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Progo Hasto Wardoyo.

"Kedatangan seorang menteri tentu kami siapkan pengamanan maksimal, mulai kedatangan di bandara pukul 08.35 WITA, pengawalan jalur menuju lokasi acara, hingga kembali ke bandara untuk take off menuju Jakarta pukul 13.20 WITA," pungkas Karo Ops.

Pewarta: Firman
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019