Jakarta (ANTARA) - Ribuan warga Jakarta terlihat antusias menyaksikan parade karnaval dalam rangka hari ulang tahun (HUT) Provinsi DKI Jakarta ke 492 tahun 2019, Minggu sore.

Warga terlihat memadati sepanjang Jalan Medan Merdeka Selatan, tepat di depan Balai Kota Jakarta. Sebagian warga lainnya terus berdatangan menuju Tugu Monumen Nasional (Monas) sebagai titik akhir dari parade Karnaval.

"Saya datang bersama keluarga dari Bogor," kata Irma.

Irma mengatakan parade karnaval HUT DKI sudah tahun ke dua yang diikutinya.

Mereka berangkat dari Bogor dengan menggunakan transportasi kereta api dan turun di stasiun Juanda. Setelah itu, naik bus gratis dari depan Masjid Istiqlal menuju Tugu Monas.

"Karnaval ini juga bisa menjadi hiburan untuk anak-anak," ujar Irma.

Hal senada disampaikan Razak yang juga membawa keluarga di kegiatan karnaval HUT Jakarta.

"Hari ini pilihannya dua, apa ke Monas atau ke penutupan Pekan Raya Jakarta (PRJ)," katanya.

Setelah dirembuk bersama keluarga, pilihannya jatuh ke Monas untuk menyaksikan karnaval. karena acara itu baru bertama kali dihadiri bersama keluarga.
Suasana di Jalan Medan Merdeka Selatan jelang Karnaval memperingati HUT Jakarta ke 492 tahun 2019, Minggu (30/6/2019) (ANTARANEWS/FAUZI LAMBOKA)


Rute parade budaya dan parade modern berawal dari depan Balai Kota DKI Jakarta, belok ke Jalan MH Thamrin, dan berputar di Tugu Jam MH Thamrin untuk kembali ke Monas.

Sementara itu untuk rute parade mobil hias dimulai dari depan Balaikota Provinsi DKI Jakarta, berbelok ke arah Jalan MH Thamrin dan berakhir di Bundaran HI.

Para peserta ini berasal dari lima kota dan satu kabupaten di Jakarta. Selain itu juga akan diikuti oleh sejumlah komunitas di Jakarta.

Panggung utama karnaval berada di depan Balai Kota Provinsi DKI Jakarta, dimana peserta pawai akan dilepas Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. ***3***

Pewarta: Fauzi
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2019