Kiai Jatim sambut positif pernyataan Jokowi-Prabowo pasca-putusan MK

Kiai Jatim sambut positif pernyataan Jokowi-Prabowo pasca-putusan MK

Ketua PBNU Saifullah Yusuf beserta sejumlah kiai sepuh Jatim saat bersilaturahim di kediamannya di kawasan Gayungsari Surabaya, Jumat (28/6/2019). (Foto Istimewa)

Surabaya (ANTARA) - Sejumlah kiai sepuh di Jawa Timur menyambut positif pernyataan Joko Widodo dan Prabowo Subianto pasca-putusan Mahkamah Konstitusi terkait Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pemilihan Presiden 2019.

"Jokowi dan Prabowo dalam pernyataannya sangat menyejukkan bagi rakyat di Tanah Air," ujar ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf usai bertemu sejumlah kiai sepuh di kediamannya di Surabaya, Jumat.

Menurut dia, sambutan kedua tokoh tersebut merupakan sikap yang berpengaruh pada kerukunan antarumat dan persatuan Indonesia.

Baca juga: Jokowi yakini kenegarawanan Prabowo-Sandiaga

Baca juga: Sidang MK usai, Jokowi ajak rakyat bersatu bangun Indonesia


Mahkamah Konstitusi melalui putusan yang dibacakan Kamis (27/6), menolak seluruh permohonan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno terkait sengketa Pilpres 2019.

Putusan ini secara tidak langsung menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024, berdasarkan keputusan hasil rekapitulasi nasional Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf, menyampaikan bahwa kiai dan ulama berharap semua pihak bisa menghormati keputusan konstitusional sehingga harus dijalankan.

Selain itu, para kiai juga mengucapkan selamat kepada pasangan Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin yang telah dinyatakan memenangi Pemilihan Presiden 2019.

Baca juga: Prabowo: Kami hormati hasil MK

Pada kesempatan sama, para kiai juga mengapresiasi upaya pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang telah menempuh jalur konstitusional melalui MK terkait gugatan sengketa pilpres.

"Harapan kiai dan para pihak agar Jokowi dan Prabowo bisa bertemu segera terwujud. Pertemuan keduanya dipastikan berdampak baik untuk kerukunan dan kepentingan bangsa," ucapnya.

Sementara itu, Pengasuh Pesantren AL Amin Kediri, KH Anwar Iskandar membenarkan bahwa para kiai sepuh di Jatim sangat mengapresiasi sikap Prabowo-Sandi yang menghormati putusan MK.

"Kiai di Jatim sangat menghormati sikap  Prabowo yang bisa menerima dan menghormati keputusan MK. Sikap Prabowo sangat penting untuk mendinginkan situasi dan merajut persatuan Indonesia," katanya.

Para kiai dan ulama, lanjut dia, juga senantiasa berdoa agar Jokowi-KH Ma'ruf Amin amanah dalam mengemban tugas dan berhasil menuju Indonesia yang maju berkeadilan, berkah serta mendapatkan ridha Allah SWT.

Baca juga: Ansor dukung upaya rekonsiliasi Jokowi dan Prabowo

Baca juga: Gus Sholah anjurkan percepat rekonsiliasi
Pewarta : Fiqih Arfani
Editor: Eddy K Sinoel
COPYRIGHT © ANTARA 2019