PHRI : Seluruh hotel penuh di Banjarmasin dipesan perserta Harganas

PHRI : Seluruh hotel penuh di Banjarmasin dipesan perserta Harganas

Sekretaris Badan Pimpinan Daerah Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kalimantan Selatan Nurul Fahmi (Antaranews Kalsel/Istimewa)

Banjarmasin (ANTARA) - Sekretaris Badan Pimpinan Daerah Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kalimantan Selatan Nurul Fahmi mengatakan saat ini hampir seluruh hotel baik yang berbintang maupun nonbintang telah dipesan peserta Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang puncaknya dilaksanakan di Banjarbaru pada 30 Juni hingga 6 Juli 2019.

Fahmi di Banjarmasin, Kamis (27/6), mengatakan saat ini, anggota PHRI Kalsel sebanyak 86 hotel yang terdiri dari hotel bintang 4 sebanyak 11 hotel, bintang 3 sebanyak 14 hotel, bintang 2 sebanyak 6 hotel dan bintang satu sebanyak 9 hotel.

"Sedangkan jumlah anggota yang nonbintang lumayan banyak, sebanyak 37 hotel," katanya.

Dari jumlah seluruh hotel tersebut ,kamar yang tersedia sebanyak 3.556 kamar dengan kapasitas sekitar 8.890 orang.

Menurut Fahmi yang juga GM Hotel Roditha Banjarbaru, saat ini hampir seluruh hotel tersebut telah dipesan, bahkan sebagian peserta talah berdatangan untuk mengikuti puncak kegiatan yang dilaksanakan di Kota Banjarbaru.

Kendati kapasitas kamar hotel yang disiapkan cukup banyak, masih cukup banyak peserta yang belum mendapatkan tempat untuk menginap.

Sebagaimana Pemerintah Kalimantan Selatan menjadi tuan rumah Hari Keluarga Nasional XXVI/2019 yang puncaknya dilaksanakan di Kota Banjarbaru pada 6 Juli 2019.

Baca juga: Di era digital, gawai seharusnya mempererat hubungan keluarga

Diperkirakan peserta Harganas dari seluruh Indonesia yang bakal datang ke Kalsel, mencapai 15 ribu orang.

Bila kamar hotel yang ada hanya mampu menampung sekitar 8.890 orang, maka sebanyak 6 ribu orang peserta lebih, belum mendapatkan kamar hotel.

Mengantisipasi hal tersebut, tambah Fahmi, berdasarkan hasil rapat beberapa waktu lalu, panitia menyiapkan beberapa rumah yang bisa disewa dan layak untuk ditinggali.

"Untuk mengatasi kekurangan kamar hotel tersebut, panitia mencari beberapa rumah warga yang memang layak untuk menampung para tamu," katanya.

Adapun rangkaian kegiatan Harganas tersebut antara lain pada 30 Juni, olaharga keluarga.

Pembukaan pameran gelar dagang UPPKS yang dilaksanakan pada 30 Juni hingga 3 Juli yang dirangkai dengan festival kopi.

Pada waktu yang sama, juga dilaksanakan dengan Banjarmasin food steet festival, 3 Juli dilaksanakan acara parade jukung hias dan 5 Juli lomba memasak keluarga. Terakhir pada 6 Juli, puncak peringatan Harganas di Banjarbaru.

Baca juga: BKKBN soroti pengasuhan orang tua jelang Harganas
Baca juga: BKKBN tingkatkan kesertaan KB-kesehatan reproduksi peringati Harganas

 
Pewarta : Ulul Maskuriah
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019