Dompet Dhuafa gandeng fintech Duithape salurkan zakat nontunai

Dompet Dhuafa gandeng fintech Duithape salurkan zakat nontunai

Pendiri Duithape, Sara Dhewanto (kanan) dan Direktur Mobilisasi Zakat Infak Sedekah (ZIS) Dompet Dhuafa, Yuli Pujihardi (tengah) dalam konferensi pers bertajuk Tebar Zakat Fitrah Digital Pertama di Dunia, Jakarta, Rabu (26/6/2019). (ANTARA/ Anita Permata Dewi)

Jakarta (ANTARA) - Dompet Dhuafa bekerja sama dengan aplikasi pembayaran Duithape membagikan zakat fitrah kepada kaum dhuafa secara nontunai.

"Dompet Dhuafa merupakan lembaga pertama yang melakukan penyaluran zakat fitrah melalui digital," ujar Direktur Mobilisasi Zakat Infak Sedekah (ZIS) Dompet Dhuafa, Yuli Pujihardi dalam konferensi pers, Jakarta, Rabu (26/6).

Duithape merupakan salah satu fintech yang memudahkan proses pembayaran sehari-hari.

Yuli menambahkan bahwa pemberian zakat secara nontunai dapat menyalurkan zakat secara lebih tepat kepada sasaran.

Dengan menggandeng Duithape, Dompet Dhuafa telah menyalurkan Rp350 juta dana zakat fitrah dalam bentuk 3.500 paket sembako yang masing-masing senilai Rp100 ribu.

Sementara Pendiri Duithape, Sara Dhewanto mengatakan penyaluran zakat melalui Duithape masih terbatas pada penerima zakat di kota besar.

"Kami baru di Jakarta dan Jawa Barat. Untuk menjadi mitra atau agen bisa langsung daftar di aplikasi, tapi untuk penyaluran bantuan, tim kami yang memutuskan, tergantung bantuan di daerah mana," kata Sara.

Baca juga: Dompet Dhuafa luncurkan slogan #JanganTakutBerkurban

Ia mengatakan tim Duithape mendistribusikan sembako secara nontunai dan memastikan bahwa zakat tersalurkan secara akuntabel kepada penerima zakat yang berhak sebelum waktu shalat Idulfitri.

"Kaum dhuafa juga tidak perlu repot. Mereka cukup datang ke warung sembako dekat rumah yang sudah bekerja sama dengan Duithape dan tinggal menukarkan e-voucher," kata Sara.

Para mustahik zakat juga memiliki keleluasaan memilih sembako sesuai dengan kebutuhan mereka seperti beras, gula, garam, minyak, daging, telur, susu dan gas elpiji.

Sara berharap bahwa sistem ini dapat digunakan kembali untuk menyalurkan dana kurban pada Idul Adha nanti.

"Diharapkan dengan perkembangan teknologi, tidak hanya saat tebar zakat fitrah, namun juga bisa tebar kurban melalui Duithape," katanya.

Pada Idul Adha nanti, pihaknya menargetkan untuk menyalurkan sebanyak 250 ribu ekor sapi serta menggandeng berbagai komunitas untuk memberdayakan masyarakat.

Baca juga: Dompet Dhuafa himpun donasi Rp96 miliar selama Ramadhan 1440 Hijriah
Pewarta : Anita Permata Dewi
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019