Palembang (ANTARA) - Sejumlah pejabat yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumatera Selatan menyambut kedatangan Kapolda baru Irjen Pol Firli bersama istri Ardina firli.

Penyambutan dilakukan pejabat Forkopimda seperti Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan dan Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya di ruangan VVIP Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Rabu.

Selain itu disambut juga pejabat lama yang kini menjabat Kakor Polairud Baharkam Mabes Polri Irjen Pol Zulkarnain Adinegara bersama Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Denni Gapril.

Setelah penyambutan di Bandara SMB II Palembang, warga Polda Sumsel melakukan tradisi penyambutan pejabat baru di halaman Mapolda ditandai dengan tarian tradisional Bumi Sriwijaya itu yakni Tari Tanggai dan laporan kesatuan.

Warga Polda Sumatera Selatan menyiapkan penyambutan kedatangan Kapolda Inspektur Jenderal Polisi Firli pengganti pejabat lama Irjen Pol Zulkarnain Adinegara yang dimutasi menjadi Kakorpolairud Baharkam Polri.

"Setelah dilakukan serah terima jabatan Kapolda Sumsel di Jakarta, Selasa (25/6), penyambutan hari ini dan rencananya
Kamis (27/6) pagi digelar upacara farewell parade di mapolda dan tradisi pelepaan pejabat lama kemudian malam harinya digelar acara pisah sambut di Griya Agung," kata Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi.

Pergantian jabatan merupakan hal biasa dalam suatu organisasi termasuk institusi kepolisian.

Kehadiran pejabat baru diharapkan bisa memberikan motivasi kerja yang lebih baik dalam memberikan pelayanan, perlindungan, dan pengayoman kepada masyarakat.

Sedangkan prestasi kerja yang dicapai oleh pejabat lama diharapkan pula bisa menjadi inspirasi warga Polda Sumsel untuk memberikan pengabdian secara maksimal kepada institusi dan masyarakat, kata Kabid Humas.

Sementara sebelumnya Kepala Kepolisian RI Jenderal Polisi Tito Karnavian melantik mantan Deputi Penindakan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Inspektur Jenderal Polisi Firli menjadi Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Selatan.

Serah terima jabatan baru Irjen Pol. Firli di Ruang Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Selasa (25/6). Firli menggantikan posisi Irjen Pol. Zulkarnain yang dimutasi menjadi Kakorpolairud Baharkam Polri.

"Kepada Irjen Pol. Firli, selamat datang kembali di kampungan halaman ini, juga saya berikan apresiasi yang tinggi atas pengabdian 2 tahun di lingkungan KPK sebagai deputi penindakan," ujar Tito.

Tito mengharapkan pengalaman Firli sebagai deputi penindakan di KPK dan Kapolda Nusa Tenggara Barat dapat memberi warna baru bagi lingkungan wilayah Sumatera Selatan untuk mencipatkan situasi keamanan lebih baik, terutama di akhir masa tahapan pemilihan umum.

"Pilkada akan lebih banyak lagi, ini paling tidak Pak Firli bisa memberikan platform, memberikan fondasi yang kuat di lingkungan Polda Sumsel," ujar Tito.

Baca juga: Kapolri lantik Irjen Firli jadi Kapolda Sumsel

Baca juga: Polda Sumsel siapkan penyambutan kapolda baru

Baca juga: Polri benarkan Irjen Firli ditarik dari KPK





 

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019