JCH Malut terbagi dalam tiga kloter

JCH Malut terbagi dalam tiga kloter

Ilustrasi. Suasana keberangkatan JCH Malut (ANTARA/Abdul Fatah)

Ternate (ANTARA) - Jamaah calon haji (JCH) Maluku Utara pada musim haji 2019 sebanyak 1.321 orang yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci melalui embarkasi haji Makassar, Sulawesi Selatan, terbagi dalam tiga kelompok terbang (kloter).

"JCH Malut itu terbagi dalam kloter 7, 8 dan 9, dua kloter di antaranya yakni kloter 7 dan 8 semuanya JCH Malut, sedangkan satu kloter lainnya bergabung dengan JCH dari provinsi lain," kata Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah (PPIHD) Malut Hasbullah Taher di Ternate, Rabu.

JCH Malut pada musim haji 2019 yang sebelumnya kuotanya hanya 1.080 orang bertambah menjadi 1.321 orang karena ada penambahan dari Pemerintah Pusat setelah adanya tambahan kuota haji Indonesia dari Pemerintah Arab Saudi sebanyak 10.000 orang.

Menurut dia, JCH Malut akan diberangkatkan dari Bandara Babullah Ternate ke Embarkasi haji Makassar menggunakan maskapai penerbangan Lion Air tanggal 8-10 Juli 2019, sedangkan ke Tanah Suci tanggal 11-13 Juli 2019.

Baca juga: Dua pesan Menag untuk calon jamaah haji Indonesia

Seperti pada musim haji tahun-tahun sebelumnya, para JCH Malut dibebaskan dari biaya embarkasi haji, yang di antaranya sewa pesawat dari Ternate ke Makassar dan pulangnya, karena semuanya ditalangi oleh Pemprov Malut bersama pemerintah kabupaten/kota asal JCH.

Sementara itu, Kepala Bidang Urusan Haji dan Umroh Kanwil Kementerian Agama Malut Amir Manaf mengatakan dari 1.321 JCH Malut yang akan menunaikan ibadah rukun Islam kelima tahun ini sisa dua orang yang sedang dalam proses pengurusan visa.

Kedua JCH itu pengurusan visanya belakangan karena mereka merupakan pengalihan atas JCH yang meninggal dunia, masing-masing di Kota Ternate dan Kabupaten Halmahera Timur.

Baca juga: Manasik haji tahap akhir diikuti ribuan calon haji Aceh

Ia menambahkan, dari seluruh total JCH Malut pada musim haji tahun ini sekitar 600 orang di antaranya masuk kategori beresiko karena berusia lanjut, tetapi secara umum kesehatan mereka memenuhi syarat untuk diberangkatkan.

Baca juga: Calon haji Jawa Barat terbanyak se-Indonesia

Untuk memaksimalkan kesiapan JCH Malut dalam memenuhi panggilan Allah SWT ke Tanah Suci, telah dilakukan berbagai persiapan, di antaranya melakukan manasik haji secara mandiri di masing-masing di daerah asal JCH mulai awal 2019.
 
Pewarta : La Ode Aminuddin
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2019