Mudik gratis yang diselenggarakan oleh Pelindo III dari tahun ke tahun selalu naik peminatnya
Surabaya (ANTARA) - Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung mengatakan pemudik kapal laut tahun ini lebih terjamin, karena seluruh peserta mudik gratis Pelindo III telah diasuransikan selama perjalanannya, sebagai fasilitas proteksi yang menyeluruh, agar perjalanan para pemudik lebih tenang.

"Mudik gratis yang diselenggarakan oleh Pelindo III dari tahun ke tahun selalu naik peminatnya, di mana tahun ini naik hingga 45 persen dibandingkan tahun lalu. Sebanyak 23.824 orang telah memanfaatkan fasilitas mudik gratis," kata Doso, dalam keterangan pers evaluasi mudik di Surabaya, Selasa.

Ia mengakui, mudik gratis yang digelar Pelindo III selalu diminati masyarakat, dan total tiket terelaisasi sebanyak 2.100 tiket kapal laut dan total 21.724 tiket bus, berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Ia mengatakan, mudik gratis Pelindo III terselenggara atas sinergi BUMN dengan Pelni dan Damri sebagai penyedia angkutan darat.

"Dari pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, para penumpang kapal laut dapat langsung memilih bus sesuai jurusan yang diinginkan, tercatat sebanyak 15.521 orang menggunakan fasilitas mudik gratis ke Sumenep, Malang, Blitar, Cepu, Trenggalek, Madiun, Magetan dan Jember, dimana jumlah tersebut lebih banyak 55 persen dari target," katanya.

Dari pelabuhan Tanjung Emas Semarang, tercatat 6.203 orang telah diantarkan secara gratis ke Tegal, Purwodadi, Purworejo, Wonosobo, Rembang, Yogyakarta, dan Solo, jumlah tersebut lampaui 13 persen dari target.

Adapun tujuan kapal laut terdiri dari Pelabuhan Kumai, Sampit, Batulicin dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Perak dan Tanjung Emas. Selain itu juga ada rute Tanjung Perak ke Ambon. Penyelenggaraan mudik gratis oleh Pelindo III dimulai sejak 29 Mei hingga 4 Juni 2019.

"Mudik Gratis Bareng BUMN-Pelindo III bertujuan untuk memberikan perjalanan mudik yang aman dan nyaman pada masyarakat, terutama penumpang kapal laut,” ujar Dirut Pelindo III," katanya.

Sementara itu, secara nasional program mudik gratis tahun ini telah diikuti oleh 104 BUMN, atau naik 67 persen dibandingkan pada 2018 yang hanya diikuti oleh 62 BUMN.

Pemudik yang diberangkatkan melalui program Mudik Bareng BUMN 2019 melalui moda transportasi bus, kapal laut, kereta api dan pesawat udara sebanyak total 250.474 pemudik, atau naik sebesar 22,69 persen dibandingkan realisasi pemudik pada 2018 sebanyak 204.146.

Baca juga: Pelindo III terapkan "gate in online" di Tanjung Perak Surabaya
Baca juga: Pelindo III : pengembangan Benoa tingkatkan ekonomi Pulau Dewata
Baca juga: Pelindo III : Penumpang kapal laut meningkat 31 persen


Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019