Program ini tidak boleh main-main, karena guru yang ikut program ini tidak cukup satu hingga dua tahun saja..
Pangkalpinang (ANTARA) - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan kembali membantu guru tenaga Pendidik Anak Usia Dini (PAUD) dalam meningkatkan kompetensinya, sebagai upaya pemerintah mewujudkan tenaga pendidik dasar yang bermutu dan berkualitas.

"Pada tahun ini kita kembali program beasiswa khusus guru PAUD dalam meningkatkan kompetensinya," kata Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, Supriano di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan program beasiswa ini bersifat stimulus dan dorongan, Kemendikbud menawarkan kepada guru PAUD kabupaten/kota, provinsi se-Indonesia untuk mendapatkan pendidikan strata satu dalam meningkatkan kompetensi tenaga pendidik tersebut.

"Kita tidak bisa menetapkan berapa kuota guru mengikuti program beasiswa peningkatan kompentensi ini, karena ini umpan balik kepada guru PAUD," ujarnya.

Menurut dia pemberian bantuan beasiswa untuk guru PAUD ini harus serius dilakukan, karena ini program berkelanjutan dalam meningkatkan kualitas tenaga pendidikan anak usia dini.

"Program ini tidak boleh main-main, karena guru yang ikut program ini tidak cukup satu hingga dua tahun saja," katanya.

Oleh karena ini, Kemendikbud telah menyebarkan format ke seluruh Dinas Pendidikan provinsi, kabupaten/kota, guna mengetahui jumlah guru yang mengikuti program beasiswa strata satu peningkatan kompentensi ini.

"saya rasa ini secara pelan-pelan para guru PAUD ini memiliki kompetensi lebih baik lagi, karena bagaimanapun untuk mendapatkan hal yang bagus tergantung tenaga pengajar berkompetensi yang baik," katanya.

Baca juga: Pemerintah anggarkan Rp900 miliar untuk pelatihan guru
Baca juga: Kemendikbud tingkatkan kompetensi guru SMK



 

Pewarta: Aprionis
Editor: Arief Mujayatno
Copyright © ANTARA 2019