Dari pihak Dishub memang sudah meminta agar Perpustakaan Nasional jadi tempat parkir tambahan warga yang mau ke Monas
Jakarta (ANTARA) - Gedung Perpustakaan Nasional (Perpusnas) yang terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, dijadikan sebagai titik kantong parkir kendaraan tambahan untuk para pengendara yang ingin merayakan HUT Ke-492 DKI Jakarta di kawasan Monumen Nasional (Monas).

"Dari pihak Dishub memang sudah meminta agar Perpustakaan Nasional jadi tempat parkir tambahan warga yang mau ke Monas," ujar salah seorang petugas keamanan Perpustakaan Nasional, Rino, kepada ANTARA, Sabtu sore.

Rino mengatakan pengalihfungsian Gedung Perpustakaan Nasional sebagai salah satu titik parkir kendaraan tambahan dilakukan sebagai langkah antisipasi membeludaknya pengunjung Monas yang ingin merayakan HUT kota Jakarta.

Rino menyebut bahwa pengunjung Monas telah mulai berdatangan sejak siang hari. Adapun fasilitas parkir tambahan di Gedung Perpustakaan Nasional telah dibuka sejak pukul 15.00 WIB, dan berakhir mengikuti jam operasional Monas.

Lebih lanjut Rino mengatakan area parkir di Gedung Perpustakaan Nasional dapat menampung sekitar 200 kendaraan roda empat dan 300 kendaraan roda dua.

Adapun tarif parkir yang dikenakan kepada pengendara, masing-masing Rp5.000 untuk sepeda motor, dan Rp10.000 untuk mobil pribadi.

Salah seorang pengunjung, Rizal, mengaku memarkirkan sepeda motornya di Gedung Perpustakaan Nasional lantaran lahan parkir yang disediakan di Monas telah penuh.

"Tadi sudah ke Monas, tapi penuh, terus dikasih tahu sama petugas kalau di seberang (Gedung Perpustakaan Nasional) ada parkiran juga dan aman, akhirnya saya mutar balik ke sini," ucap Rizal, pria asal Matraman yang datang bersama kekasihnya.

Menurut Rizal, keberadaan lahan parkir tambahan seperti ini sangat membantu masyarakat yang kesulitan mencari lokasi parkir kendaraan di kawasan Monas.

"Jadinya enak, antre parkirnya pas nanti pulang enggak perlu panjang-panjang. Lokasinya juga resmi jadi pasti aman. Kita jadi tenang 'ninggalin' kendaraan," tutur Rizal.

Pewarta: Fathur Rohman
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019