Mudah-mudahan bisa menyadarkan masyarakat Lampung agar tidak mencemari perairan dengan sampah
Bandarlampung (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Cabang Panjang, Lampung telah membeli kapal dengan ukuran besar untuk mengangkut sampah di wilayah perairan Teluk Lampung.

"Ini bentuk komitmen kami dalam rangka penanganan sampah yang ada di sepanjang perairan Teluk Lampung," kata General Manajer PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Cabang Panjang, Lampung, Drajat Sulistyo  di Bandarlampung, Jumat.

Drajat menjelaskan, bentuk keseriusan dalam penanganan sampah dilakukan dengan membeli satu unit kapal berukuran besar dengan kapasitas lima ton sampah sekali angkut.

Sebelum adanya kapal berukuran besar itu, Pelindo telah mengangkut sampah dengan menyewa dua unit kapal berkapasitas kecil yang telah beroperasi setiap hari selama hari kerja.

"Saat kita menggunakan kapal berkapasitas kecil itu ada delapan personel yang menanganinya. Tapi untuk kapal berkapasitas besar yang akan kita operasikan pada pertengahan Juli 2019 ini nanti akan ditangani oleh 12 personel beserta anggaran operasionalnya," kata dia.

Drajat menambahkan sampah yang berada di perairan yang telah diangkut menggunakan kapal kemudian nantinya akan dinaikkan ke darat menggunakan truk sebelum diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

"Mudah-mudahan dengan adanya komitmen dan keseriusan, bisa menyadarkan masyarakat Lampung agar tidak mencemari perairan dengan sampah," katanya.


Baca juga: Kapal "Race for Water" kampanye hentikan sampah plastik di laut
Baca juga: Empat fasilitas tekan 26 juta meter kubik sampah DKI

 

Pewarta: Edy Supriyadi
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019