Medan (ANTARA) - Pemerintah Kota Medan menerima kunjungan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr, di Balai Kota Medan, Kamis.

Kunjungan ini dalam rangka merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-70 hubungan kerja sama antara AS dengan Indonesia di Kota Medan, sekaligus menyampaikan salam perpisahan menyusul berakhir masa tugas Konsulat Jenderal (Konjen) AS untuk Kota Medan Juha P Salin.

Kunjungan Dubes AS ini disambut langsung oleh Wali Kota Medan Tengku Dzulmi Eldin, didampingi Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM, Asisten Pemerintahan dan Sosial Musaddad Nasution, Kadis Pariwisata Kota Medan Agus Suriono serta Kadis Koperasi dan UMKM Edliati.

Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr mengatakan, sudah hampir setahun dirinya tidak mengunjungi Kota Medan. Dia mengaku sangat senang setiap kali berada di Kota Medan.

Ia juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemkot Medan karena telah mendukung penuh tugas-tugas Juha P Salin maupun kegiatan lainnya yang digelar Konjen AS untuk Kota Medan.

"Selain ingin merayakan HUT hubungan AS dengan Indonesia di Kota Medan, saya menyampaikan bahwa tugas Juha P Salin selaku Dubes AS untuk Kota Medan telah berakhir. Akhir musim panas, penggantinya sudah bertugas di Kota Medan. Saat ini, dia sedang belajar bahasa Indonesia, kemungkinan bahasa Indonesia-nya akan jauh lebih baik dari Konjen AS untuk Kota Medan yang lama," katanya pula.

Wali Kota Medan Tengku Dzulmi Eldin mengucapkan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan Dubes AS tersebut.

Dia berharap perayaan hubungan AS dan Indonesia di Kota Medan berjalan dengan lancar dan meriah.

Ia juga mengucapkan selamat jalan kepada Juha P Salin yang telah berakhir masa tugasnya sebagai Konjen AS untuk Kota Medan.

Kepada Joseph, Eldin menyampaikan ucapan terima kasih karena telah memilih Kota Medan sebagai tempat dibangun Kantor Konsulat AS.

"Pembangunan Kantor Konsulat AS di Kota Medan tentunya sangat berdampak positif bagi Kota Medan, sebab akan menambah rasa kepercayaan negara lain terhadap Kota Medan, sehingga akan membuka pintu bagi investor lain untuk berinvestasi di Kota Medan," ujarnya lagi.

Sebagai ungkapan apresiasi atas kunjungan tersebut, Eldin memberikan cenderamata kepada Dubes AS berupa batik medan serta plakat yang memiliki latar belakang Istana Maimun.

Eldin juga memakaikan songket deli dan tengkulok, yakni penutup kepala khas Suku Melayu kepada Dubes AS.
Wali Kota Medan Tengku Dzulmi Eldin memakaikan tengkulok, yakni penutup kepala khas suku Melayu kepada Dubes AS, Kamis (20/6/2019). (Antara Sumut/Istimewa)

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019