Jakarta (ANTARA) - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Rutan Cabang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang berlokasi di belakang Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis.

"Kami melihat secara langsung kondisi yang ada di Rutan Cabang KPK tentang pelayanan yang diberikan oleh petugas Rutan Cabang KPK kepada tahanan di rutan," kata Direktur Pelayanan Tahanan dan Benda Sitaan dan Barang Rampasan Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham Heni Yuwono usai sidak tersebut.

Menurut Heni, fasilitas yang ada Rutan Cabang KPK sudah sangat bagus mulai dari tempat tidur hingga kamar mandi.

"Kalau dari segi fasilitas, tempat tidur dan juga kamar mandi itu sangat bagus," ucap Heni.

Dari segi kapasitas pun, kata dia, jumlah hunian yang ada di Rutan Cabang KPK juga masih normatif.

"Kapasitas yang ada dengan jumlah hunian kan ini masih normatif. Artinya, mereka masih mempunyai ruang yang cukup luas untuk berinteraksi dan bergerak di dalam sel karena tidak "over crowded", ungkap Heni.

Ia juga tidak meragukan masalah integritas penjaga rutan di Rutan Cabang KPK itu karena rekrutmennya juga berasal dari Kemenkumham.

"Sehingga mereka sudah tentu tahu tentang bagaimana tata cara dan SOP (standar operasional prosedur), protap (prosedur tetap) sebagai penjaga tahanan di rutan karena dia rekrutmen berasal dari kami," kata dia.

Baca juga: KPK tahan Idrus Marham di Rutan Cabang KPK K4

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019