Jakarta (ANTARA) - Perusahaan teknologi dan penyedia marketplace Tokopedia memboyong 161 truk pengangkut kurma demi memenuhi kebutuhan konsumennya selama Ramadhan 2019.

"Itu merupakan salah satu fakta menarik yang dicatat Tokopedia saat program Ramadan Ekstra 2019," ujar Co-Founder dan CEO Tokopedia, William Tanuwijaya dalam pemaparan pencapaian program "Ramadan Ekstra 2019" di Jakarta, Rabu.

Selain itu, Tokopedia juga telah menjangkau 97 persen kecamatan di Indonesia dan menghasilkan nilai total transaksi (Gross Merchandise Value/GMV) sebesar 13 miliar dolar AS atau setara lebih dari Rp18,5 triliun.

"Transaksi itu melibatkan 5,9 juta penjual yang juga tersebar di seluruh pelosok Indonesia dengan mayoritas penjual adalah pebisnis baru," katanya.

Dalam program "Ramadan Ekstra 2019" itu, Tokopedia juga mencatat sebanyak 237 ribu pesawat telah mengangkut seluruh pengunjung Tokopedia pada Mei 2019 dan lebih dari Rp7 miliar donasi dan zakat telah terkumpul di Tokopedia selama Ramadhan 2019.

Baca juga: Menkominfo: donasi berbasis digital mudahkan milenial untuk berbagi

"Sebagai perusahaan teknologi Indonesia dengan misi pemerataan ekonomi secara digital, Ramadan Ekstra menjadi momentum validasi dampak pemerataan dan pertumbuhan ekonomi baru lewat digital," kata William Tanuwijaya.

Ia optimistis perkembangan teknologi akan mendorong ekonomi digital di Indonesia dan menjadi salah satu tulang punggung perekonomian nasional.

"Ini salah satu tanggung jawab kami, bagaimana teknologi dipakai dengan mudah sehingga berkontribusi terhadap ekonomi nasional," katanya.

Ramadan Ekstra merupakan tradisi berbelanja terbesar di Tokopedia yang dimulai sejak 2018 untuk menghadirkan berbagai inovasi dan pengalaman menarik dalam berbelanja selama Ramadhan.

Usai Ramadan Ekstra 2019, Tokopedia akan kembali menghadirkan program baru untuk menarik minta penggunanya terutama pada Agustus sebagai bulan ulang tahun situs layanan jual-beli daring itu.

Baca juga: BRI gandeng Tokopedia sediakan Halal Mall

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019