Jakarta (ANTARA) - Produsen pelumas Shell Lubricants turut mendukung dan sebarkan semangat positif kepada para pengendara motor yang berkontribusi bagi sesama dan berani melibas tantangan melalui kampanye "Libas Tantangan Kita".

"Melalui 'Libas Tantangan Kita', Shell Advance ingin memberikan dukungan, menyebarkan semangat positif, dan mengajak para pengendara motor untuk berani melibas tantangan dan melalui rintangan demi meraih kesuksesan dan membantu sesama," ujar Direktur Pelumas PT Shell Indonesia Dian Andyasuri dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Rabu.

Indonesia, menurut Dian, memiliki banyak pengendara motor yang mampu melibas tantangan untuk membantu dan memberikan dampak positif bagi masyarakat di sekitarnya.

Salah satunya adalah Mansetus Balawala dari Larantuka, Nusa Tenggara Timur, yang berinisiatif meminjamkan sepeda motor dan memberikan layanan perawatan mesin berkala secara gratis untuk para bidan, dokter dan mantri di Larantuka.

Sepeda motor itu digunakan para tenaga medis untuk menerjang medan jalan yang terjal dan jauh demi mengobati para pasien di wilayah Larantuka.

Secara geografis, Larantuka berada di bawah kaki Gunung Mandiri yang dekat dengan wilayah pesisir, namun sebagian masyarakat masih tinggal di daerah perbukitan yang minim akses transportasi.

Mansetus memulai kegiatan itu pada awal 2000 setelah berdiskusi dengan petugas kesehatan dan penyuluh lapangan keluarga berencana di Larantuka. Hasil diskusi tersebut mengungkap bahwa angka kematian ibu dan anak di Flores cukup tinggi.

Salah satu penyebabnya karena keterlambatan datang petugas kesehatan yang membantu masyarakat di pelosok sebab kurangnya alat transportasi dan kondisi medan yang menantang.

Program pinjam motor

Pada 2002, Mansetus bersama beberapa rekannya mendirikan Yayasan Kesehatan untuk Semua (YKS) NTT, yang memperkenalkan program peminjaman sepeda motor untuk membantu kegiatan operasional petugas kesehatan di lapangan.

"Dengan mengendarai motor, para bidan, mantri, dan dokter dapat lebih cepat dan lebih mudah menjangkau warga terutama saat situasi mendesak," ujar Mansetus yang menjadi ketua YKS NTT sejak tahun 2007.

Ia juga memberikan pelatihan berkendara bagi bidan dan mantri, serta menyediakan jasa bengkel gratis bagi motor-motor yang dipinjamkan kepada petugas.

Mansetus terkadang ikut mengantarkan dokter dan bidan untuk menembus wilayah pedalaman guna memberikan pelayanan kesehatan. Hingga saat ini, YKS NTT telah memiliki 14 sepeda motor.

"Upaya yang dilakukan Pak Mansetus sungguh luar biasa dalam menaklukan tantangan dan memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar yang memang memiliki keterbatasan akses transportasi," kata Brand Ambassador Shell Advance Indonesia Rio Dewanto.

Hingga saat ini Mansetus Balawala dan komunitasnya telah mendukung pelayanan kesehatan kepada lebih dari 32.000 penduduk di 44 desa di Larantuka.

Semangat dan energi positif Mansetus sejalan dengan pilar "Unseen Heroes" dari Shell untuk Indonesia dan bagian kampanye global "Shell Advance - Outride Anything" yang diluncurkan di Indonesia pada 2018.

"Pak Mansetus telah menginspirasi dan memberikan energi positif bagi pemuda setempat untuk menjadi penakluk keterbatasan," tambah Dian.

Untuk menyebarkan semangat dan kegigihan Mansetus, Shell mengajak lebih banyak motoris Indonesia untuk memanfaatkan motor bukan hanya sebagai alat transportasi saja, namun juga menjadi sarana untuk menyebarkan kebaikan serta melibas tantangan besar yang ada di masyarakat.

Shell Advance akan mengajak sang Pelibas Tantangan beserta Brand Ambassador mengunjungi tiga kota besar di Indonesia yaitu Surabaya, Medan dan Bandung untuk menyebarkan semangat itu.

Shell Advance juga mengajak masyarakat Indonesia mendukung Mansetus dan komunitasnya dengan berpartisipasi dalam kegiatan voting online untuk memilih bantuan yang dapat direalisasikan oleh Shell Advance Indonesia kepada Mansetus dan komunitasnya.

Voter dengan usulan dukungan terbaik sesuai mekanisme dan ketentuan yang ada di halaman web shell.co.id/libastantangankita, berkesempatan memberikan bantuan secara langsung kepada Mansetus Balawala di Larantuka, NTT dan dilanjutkan dengan perjalanan eksklusif ke Labuan Bajo bersama Rio Dewanto.

Baca juga: Shell hadirkan layanan periksa kendaraan dan kesehatan untuk supir
 
Pewarta:
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019