Palangka Raya (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran menilai penangkapan sejumlah terduga teroris di provinsi ini perlu menjadi perhatian seluruh pihak, termasuk masyarakat agar lebih waspada dan ikut menjaga serta memantau keberadaan orang baru di wilayahnya masing-masing.

Masyarakat pun perlu mengaktifkan kembali sistem keamanan lingkungan (siskamling) sebagai upaya mencegah masuknya terduga teroris sekaligus meminimalisir terjadinya berbagai ancaman dan bentuk kejahatan lainnya, kata Sugianto di Palangka Raya, Senin.

"Saya mengapresiasi kesigapan aparat menangkap terduga teroris tersebut. Dan, saya berharap masyarakat juga bisa mengaktifkan siskamling. Ketua-ketua RT juga harus aktif memantau orang-orang baru yang datang ke wilayahnya masing-masing," ucapnya.

Menurut orang nomor satu di provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila itu, kewaspadaan terhadap bentuk kejahatan bukan hanya tanggungjawab kepolisian dan pemerintah melainkan juga masyarakat. Sebab, kewaspadaan itu wajib dilakukan dari lingkup yang paling kecil dalam hal ini tingkat RT dan RW.

Dia mengatakan masyarakat harus segera melapor misalkan atas hal yang mencurigakan terlebih berpotensi mengancam keamanan lingkungan.
Ia menilai, keamanan dan ketertiban masyarakat (Kantibmas) cukup berpengaruh terhadap daya tarik investor ke provinsi ini, mengingat keamanan merupakan salah satu pertimbangan pengusaha untuk melalukan aktivitasnya di suatu daerah.

"Saya ingatkan semua pihak, bupati, wali kota dan sampai di tingkat paling bawah yakni RT harus tetap waspada terhadap potensi bentuk kejahatan. Harus saling dukung menciptakan daerah yang aman," kata Sugianto.

Mengenai adanya penangkapan 34 orang terduga jaringan teroris oleh Densus 88 dan Polda Kalteng, dirinya mengapresiasi sekaligus mewanti-wanti semua pihak agar semakin waspada. Sebab, kehadiran teroris tersebut dapat mengganggu situasi Kalteng yang sudah kondusif seperti sekarang ini.

"Berkat penangkapan itu, paham radikal di Kalteng bisa ditangkap dan bentuk teror bisa diatasi. Dan, saya mengajak kita semua untuk bersama-sama melawan segala bentuk teror," demikian Sugianto.

Baca juga: Dua teroris ditangkap di Kalteng akan ke Jakarta melalui Sampit

Baca juga: Keluarga teroris Kalteng didalami kemungkinan terpapar radikalisme

Baca juga: Polda Kalteng amankan 34 orang terduga teroris

Pewarta: Kasriadi/Jaya W Manurung
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019