Ratusan siswa SD belajar konservasi hewan dilindungi

Ratusan siswa SD belajar konservasi hewan dilindungi

Siswa sekolah dasar di Pasuruan Jatim belajar tentang konservasi hewan dilindungi di Taman Safari Prigen, Jawa Timur (ANTARA/Indra)

Pasuruan (ANTARA) - Ratusan siswa sekolah dasar (SD) yang ada di Pasuruan Jawa Timur belajar konservasi hewan dilindungi di Taman Safari Prigen (TSP) melalui program tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat sekitar.

Area General Manager Taman Safari Prigen dan Baobab Safari Resort, Diaz Yonadie, Senin mengatakan kegiatan CSR Pekan Edukasi Konservasi ini diikuti dari 21 sekolah di sekitar kawasan TSP dengan jumlah sekitar 500 pelajar.

"Dalam program CSR yang berkaitan dengan pendidikan bagi pelajar konservasi ini, berlangsung selama empat hari, mulai 17-20 Juni 2019," katanya saat dikonfirmasi di Pasuruan.

Ia memiliki berbagai program CSR bidang pendidikan, di antaranya Program Beasiswa dengan memberikan beasiswa bagi siswa prestasi tingkat SMP untuk melanjutkan ke jenjang SMA di Desa Jatiarjo dan Cendono.

"CSR Pekan Edukasi Konservasi selanjutnya ialah Program Santunan Siswa Kurang Mampu mulai jenjang Paud hingga SMP di Desa Jatiarjo dan Program Edukasi Konservasi di TSP bagi siswa SD di Kecamatan Prigen, Purwosari dan Sukorejo," katanya

Ia menjelaskan, pihaknya juga memberikan bantuan material untuk pembangunan sekolah serta bantuan transportasi untuk kegiatan sekolah seperti lomba atau kompetisi yang diadakan Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan.

"Ini merupakan kegiatan tahunan kami yang berkelanjutan supaya siswa khususnya masyarakat sekitar bisa belajar lebih banyak tentang konservasi hewan," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Manager Edukasi TSP, Eko Windarto menuturkan materi pendidikan meliputi konservasi satwa, pelestarian lingkungan, habitat satwa, behaviour, breeding, kesejahteraan satwa, penyebaran geografis, program insitu maupun exsitu, dan link conservation.

"Kami mengajak pelajar ke exhibit satwa, seperti gajah. Tujuannya, agar mereka mengerti bagaimana perilaku gajah sesuai pedoman five freedom dalam animal welfare,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang SD-SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan, Hasbullah mengapresiasi program CSR Pekan Edukasi Konservasi dengan memberikan piagam penghargaan sebagai poin tambahan bagi TSP untuk meningkatkan program CSR di seluruh kawasan Pasuruan.

"Kami berharap dengan adanya CSR seperti yang dilakukan TSP ini menjadi teladan bagi perusahan-perusahaan lain. Di tahun berikutnya, TSP juga diharapkan bisa meningkatkan segmentasi CSR di berbagai kawasan di Kabupaten Pasuruan," tuturnya.

Baca juga: Populasi Orangutan di Taman Safari Prigen bertambah

Baca juga: Koleksi jerapah Taman Safari Prigen bertambah
Pewarta : Indra Setiawan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019