MUI ajak muslim Papua Barat jaga kerukunan

MUI ajak muslim Papua Barat jaga kerukunan

Ketua Bidang Seni dan Budaya MUI Sodikun pada acara halalbihalal yang digelar MUI Papua Barat di Manokwari, Sabtu (15-6-2019). (Foto: Toyiban)

Manokwari (ANTARA) - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat mengajak umat muslim di Provinsi Papua Barat untuk menjaga kerukunan dan keamanan di daerah tersebut.

Ketua Bidang Seni dan Budaya MUI Sodikun pada acara halalbihalal yang digelar MUI Papua Barat di Manokwari, Sabtu, mengatakan bahwa keamanan merupakan salah satu prasyarat keberhasilan pembangunan.

"Kerukunan harus dirawat, kita ciptakan situasi yang aman agar negara bisa membangun," kata Sodikun.

Menurut dia, momentum Syawal harus dimanfaatkan untuk merawat dan memperkukuh hubungan silaturahim, baik sesama umat Islam maupun penganut agama lain di daerah tersebut.

"Kita bersyukur punya tradisi halalbihalal, ini asli produk Indonesia. Di dalamnya terdapat nilai-nilai universal ajaran Islam yang luar biasa," katanya lagi.

Ia pun mengajak para pemuka agama dan seluruh umat muslim terus menjaga silaturahmi dalam momentum apa pun. Ini sebagai pengingkat persaudaran antara sesama.

Menurut dia, Papua Barat merupakan salah satu daerah yang cukup aman di Indonesia. Hubungan antarumat beragama di daerah tersebut terjalin secara baik.

"Ini harus dijaga, berbagai agama, suku, ras ada di sini dan semua bisa duduk berdampingan dengan rukun. Tolong dipertahankan," pungkasnya.

Halalbihalal MUI Papua Barat dirangkai dengan kegiatan rapat kerja II. Rapat kerja ini dilakukan untuk menyusun sejumlah program dan kegiatan MUI ke depan.
Pewarta : Toyiban
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019