Palu (ANTARA) - Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Mohammad Hidayat Lamakarate menyatakan terus memperjuangkan tokoh pendiri Pendidikan Alkhairaat Habib Sayyid Idrus Bin Salim Aljufri atau Guru Tua agar dapat ditetapkan sebagai pahlawan nasional.

"Saya melibatkan para pihak termasuk di Pemerintahan Pusat, tentu untuk mendorong dan memperjuangkan Guru Tua sebagai pahlawan nasional," ucap Hidayat Lamakarate di Palu, Jumat.

Guru Tua pernah mendapat penghargaan Bintang Maha Putera dari negara, atas perjuangan dan pengabdiannya terhadap bangsa dan negara.

"Nah, apakah ada peluang setelah mendapat penghargaan Bintang Maha Putera itu ?, atau ada hal-hal yang harus di tambahkan atau di lengkapi untuk memenuhi syarat sebagai Pahlawan Nasional," ujarnya.

Hidayat mengatakan akan mencari semua berkas-berkas tersebut. Jika semua dokumen telah ia temukan, maka akan ia serahkan kepada Kementerian Sosial.

"Saya juga akan melibatkan Dinas Sosial, Gubernur Sulteng Longki Djanggoka juga mendukung penuh usulan Guru Tua pahlawan nasional," ucapnya.

Data mengenai Guru Tua telah ada di Pemerintah, namun sebut Hidayat, ia akan menanyakan kepada Kementerian Sosial, apa yang masih kurang. Hal itu agar segera di penuhi oleh pihaknya.

"Harus di sebutkan apa yang harus kamu lengkapi, supaya jangan sampai kami berjuang, tapi ternyata ada hak yang sangat prinsip yang menyebabkan itu tidak terjadi," kata dia berharap.

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019