Penumpang kereta Daop Surabaya melonjak 11 persen selama Lebaran

Penumpang kereta Daop Surabaya melonjak 11 persen selama Lebaran

Ilustrasi - Penumpang anak dalam gerbong kereta api (dok Antara Jatim/A Malik Ibrahim)

Surabaya (ANTARA) - Jumlah penumpang kereta api selama Lebaran 2019 di wilayah Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mencapai 726.183 penumpang atau naik 11 persen dibanding periode yang sama tahun 2018 yang mencapai 651.364 penumpang.

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI)  Daop 8 Surabaya, Suprapto di Surabaya, Jawa Timur, Jumat, mengatakan jumlah itu adalah catatan evaluasi terkini hingga H+7 di sejumlah stasiun wilayah Daop 8 Surabaya.

"Untuk hari ini, jumlah penumpang sudah mencapai 24.730 orang atau 95 persen dari seluruh kapasitas tempat duduk ke berbagai arah yang berjumlah 26.092 kursi," katanya.

Stasiun utama yang berada di bawah kewenangan Daop 8 Surabaya meliputi Stasiun Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Surabaya Kota/Semut, Sidoarjo, Mojokerto, Bojonegoro, Malang, Wonokromo, dan Stasiun Lamongan.

Terkait okupansi atau tingkat keterisian tiket sepekan mendatang, Suprapto menyebut tiket ke sebagai jurusan jarak jauh telah ludes terpesan, khususnya relasi dari Surabaya menuju Jakarta, Banyuwangi, Yogyakarta dan Bandung.

"Untuk tiket dari Malang relasi yang sama juga ludes terjual. Dan yang masih ada hanya jarak dekat relasi Surabaya menuju Malang dan Jember atau sebaliknya," katanya.

Untuk mengantisipasi masih adanya pemesanan tiket, kata dia, Daop 8 Surabaya telah memperpanjang operasional satu perjalanan KA tambahan dengan nama KA Sembrani Malam Lebaran relasi Stasiun Surabaya Pasar Turi-Gambir/Jakarta.

Sementara itu selama arus mudik dan balik Lebaran 2019 di wilayah Daop 8 Surabaya total disiapkan 92 perjalanan kereta api, meliputi 83 kereta api reguler dan sembilan kereta api tambahan.

Baca juga: Arus penumpang di Bandara Minangkabau anjlok 33 persen selama Lebaran

Baca juga: Bandara Ngurah Rai layani 122 penerbangan tambahan selama Lebaran

Pewarta : A Malik Ibrahim
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019