Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengaku turun berat badan hingga 3,5 kg seusai bulan Ramadhan 1440 H.

"Memang bulan puasa itu kesempatan untuk menguruskan tubuh. Saya juga ikut turun 3,5 kg selama puasa," ujarnya saat memberikan sambutan dalam acara halalbihalal di Gedung BPPT Jakarta, Selasa.

Luhut mengingatkan jajarannya untuk senantiasa menjaga dan merawat kesehatan tubuh, terutama kepada mereka yang telah memasuki usia kepala empat.

Menurut dia, merawat kesehatan sama halnya dengan merawat persatuan dan kesatuan Indonesia yang belakangan semakin rapuh karena isu perbedaan.

Sebagai negara kepulauan terbesar dengan 17 ribu pulau dan beragam suku, budaya serta agama, mantan Menko Polhukam itu mengingatkan agar semua pihak bisa hidup berdampingan.

"Kita harus bisa menjalin toleransi kita dengan baik tanpa mengorbankan akidah masing-masing. Di situlah 'founding father' kita melahirkan Pancasila. Itu yang membuat Indonesia menjadi satu," ujarnya.

Luhut menambahkan, Indonesia bisa melihat Suriah, Afghanistan atau Irak yang hingga saat ini masih terus berjuang mencari perdamaian karena tidak bisa merawat persatuan negaranya.

"Banyak modelnya, kita harus hati-hati merawat itu. Yang muda, perhatikan pesan saya ini, persatuan dan kesatuan Indonesia betul-betul harus kita rawat," ujarnya.

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2019