Washington (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo dijadwalkan berkunjung ke Jepang dan Korea Selatan pada akhir Juni untuk membicarakan perlucutan senjata nuklir (denuklirisasi) di Semenanjung Korea, kata Departemen Luar Negeri AS, Senin (10/6).

Pompeo akan mendampingi Presiden AS Donald Trump melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di sela-sela konferensi tingkat tinggi Kelompok 20 Negara (KTT G20) di Osaka, Jepang, pada 28-29 Juni, kata juru bicara Deplu AS Morgan Ortagus pada acara jumpa pers.

Setelah KTT G20, Pompeo akan mendampingi Trump mengunjungi Korea Selatan. Di negara itu, mereka akan bertemu dengan Presiden Korsel Moon Jae-in guna membahas masalah denuklirisasi dan kerja sama bilateral, kata Ortagus.

Sebelum terbang ke Jepang dan Korea Selatan, Pompeo akan bertandang ke India dan Sri Lanka sebagai persinggahan pertama dalam rangkaian lawatannya di Asia, yang dijadwalkan berlangsung dari 24 Juni hingga 30 Juni.

Perundingan antara Korea Utara dan Amerika Serikat menyangkut perlucutan senjata mengalami kebuntuan sejak Pemimpin Korut Kim Jong Un dan Presiden Trump bertemu untuk kedua kalinya.

Pertemuan Trump-Kim yang berlangsung di Hanoi, Vietnam, pada Februari itu berakhir tanpa menghasilkan kesepakatan apa pun.

Sumber: Xinhua-OANA

Baca juga: China mencela pernyataan Pompeo mengenai Huawei
Baca juga: Turki bantah pernyataan Menlu AS soal Suriah
​​​​​​​

Penerjemah: Tia Mutiasari
Editor: Chaidar Abdullah
Copyright © ANTARA 2019