Jakarta (ANTARA) - Pelaksana Operasional Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur menyampaikan bahwa arus balik pemudik yang kembali ke Jakarta melalui terminal tersebut mulai menurun pada hari ini (Senin, 10/6) atau empat hari setelah Lebaran (H+4).

"Kemarin (9/6) atau H+3 menjadi puncak arus balik di Terminal Pulo Gebang dengan kedatangan penumpang mencapai lebih dari 14.000 orang. Hari ini jumlah kedatangan penumpang menurun," ujar Komandan Regu Pelaksana Operasional Terminal Pulo Gebang, Badman ketika ditemui di Jakarta, Senin.

Ia menyampaikan pada H+3 jumlah bus yang datang ke Terminal Pulo Gebang sebanyak 555 bus nan menurunkan penumpang sebanyak 14.612 orang. Sementara pada H+4 sebanyak 355 bus yang membawa 10.839 orang, terhitung sejak pukul 00.00-18.00 WIB.

"Malam ini hingga dini hari nanti kemungkinan bus masih terus berdatangan, beberapa bus masih dalam perjalanan menuju Jakarta. Namun jumlahnya diperkirakan tidak melebihi Hari kemarin (9/6)," katanya.

Ia mengemukakan kedatangan bus AKAP diantaranya berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Madura, Denpasar, dan Sumatera.

Salah satu sopir bus AKAP dari Jawa Timur, Didi mengatakan beberapa titik ruas jalan tol Cikampek mengalami kepadatan sehingga beberapa bus mengalami keterlambatan datang.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Antara, kondisi lalu lintas kendaraan di ruas Tol Jakarta-Cikampek terpantau padat di beberapa titik pada H+4 arus balik Lebaran 2019, Senin.

Kepadatan kendaraan terjadi di KM 62 dan KM 67. Penyebabnya lantaran masih banyak pengendara yang berhenti di bahu jalan untuk beristirahat ataupun kendaraan yang mengalami masalah. 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019