Bandara Syamsudin Noor tambah enam "extra flight" di puncak arus balik

Bandara Syamsudin Noor tambah enam

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti saat memantau arus balik di Bandara Syamsudin Noor. (antara/firman)

Banjarbaru (ANTARA) - Bandara Syamsudin Noor mencatatkan penumpang tertinggi selama arus balik, yakni 12.431 orang pada Minggu (9/6), sehingga menambah enam "extra flight" atau penerbangan ekstra.

Manajer Operasi Bandara Syamsudin Noor Rully Artha, Senin mengatakan, puncak arus balik terjadi di hari Minggu, mengingat merupakan masa libur cuti Lebaran telah berakhir dan Senin hari ini masuk kerja kembali.

"Untuk Senin hari ini terpantau lebih sepi dibanding hari sebelumnya," terangnya di Banjarbaru.

Di hari Minggu itu, penumpang yang datang 6.981 orang dan berangkat 5.450 orang dengan total pergerakan pesawat 91 kali.

Adapun untuk ekstra flight dilakukan maskapai sebanyak enam kali, tiga kali untuk kedatangan dan tiga kali keberangkatan.

Terdiri dari rute Semarang ke Banjarmasin dua kali, Yogyakarta ke Banjarmasin satu kali. Kemudian rute Banjarmasin ke Semarang dua kali dan Banjarmasin tujuan Yogyakarta satu penerbangan.

Berdasarkan data Posko Terpadu Angkutan Lebaran, secara keseluruhan sejak H-7 atau tanggal 29 Mei 2019 hingga H+3 Lebaran, total pergerakan pesawat yang datang 474 kali dan keberangkatan 474 kali.

Kemudian jumlah penumpang kedatangan 44.402 orang dan keberangkatan 65.077 orang.

"Untuk jumlah penumpang di momen mudik Lebaran tahun ini terjadi penurunan sekitar 20 persen dibanding tahun 2018," tandas Rully mewakili General Manager Bandara Syamsudin Noor Indah Preastuty.
Pewarta : Firman
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019