H+5 arus kendaraan kembali meningkat di Jalur Puncak-Cianjur

H+5 arus kendaraan kembali meningkat di Jalur Puncak-Cianjur

Hingga H+5 lebaran volume kendaraan di Jalur Puncak-Cianjur, Jawa Barat, Senin, masih tinggi terlihat menjelang sore antrian kendaraan terlihat meskipun tidak menyebabkan macet total. (ANTARA/Ahmad Fikri)

Cianjur, Jawa Barat (ANTARA) - Memasuki hari kelima setelah lebaran, volume kendaran di Jalur Puncak-Cianjur, Jawa Barat, kembali meningkat, didominasi kendaraan pendatang yang hendak bersilaturahmi dan menggelar halal bihalal di tempat wisata yang ada di wilayah tersebut.

Pantauan menjelang sore antrian kendaraan dengan laju tersendat terlihat di sejumlah titik menuju arah Bogor, mulai memanjang yang sebagian besar keluar dari jalur wisata, di antaranya Kebun Raya Cibodas dan Taman Bunga Nusantara.

Antrian itu tidak menyebabkan kemacetan karena laju kendaraan tidak sampai terhenti seperti beberapa sebelumnya terjadi macet total hingga 12 jam kendaraan tidak bergerak.

"Untuk hari ini, volume kendaraan cukup ramai dengan laju tersendat menuju Bogor yang tidak menyebabkan macet panjang. Sejumlah rekayasa arus sempat dilakukan untuk mengantisipasi antrian tambah panjang," kata Asep, petugas Pos Pam II Cikanyere, pada wartawan Senin.

Ia menjelaskan pada pagi arus kendaraan dari Bogor menuju tempat wisata di kawasan Puncak-Cipanas, meningkat sehingga berimbas pada sore hari yang menyebabkan volume kendaraan menuju Bogor meningkat.

Sedangkan arus balik yang melintas di jalur tersebut, ungkap dia, hingga sore menjelang masih terlihat dan didominasi kendaraan roda empat menuju arah Bogor.

"Untuk pemudik jarak dekat dengan sepeda motor menuju Cianjur, masih terlihat, namun jumlahnya tidak banyak. Termasuk arus balik antara pemudik bersepeda motor dan roda empat masih meriah," katanya.

Sementara masih tingginya angka kunjungan ke tempat wisata di kawasan Puncak-Cipanas, dibenarkan Humas Kebun Raya Cibodas, Dwi Novia Puspitasari. Tercatat hingga sore jumlah pengujung mencapai 7.285 orang.

"Sampai hari ini, jumlah pengunjung yang datang berombongan masih tinggi. Sebagian besar keluarga besar dan perusahaan yang menggelar halal bihalal di Kebun Raya Cibodas," katanya.
Pewarta : Ahmad Fikri
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2019