BPBD Babel siagakan TRC di objek wisata

BPBD Babel siagakan TRC di objek wisata

Pantai Parai di Kabupaten Bangka menjadi salah atu objek wisata yang banyak dikunjuungi warga saat libur Lebaran (Foto : Net)

Pangkalpinang (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiagakan tim reaksi cepat (TRC) di sejumlah objek wisata pantai selama libur Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriyah.

"Kita telah membentuk pos pengamanan di sejumlah objek wisata pascaLebaran ini untuk memberikan pelayanan dan bantuan kepada pengunjung pantai," kata Kepala BPBD Provinsi Kepulauan Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan, pembentukan pos pengamanan dan disiagakannya TRC ini mengingat pengunjung pantai usai Lebaran ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan hari biasanya.

Selain itu, juga mengingat kondisi cuaca dan pasang surut air pantai yang cukup tinggi yang berpotensi terjadinya kecelakaan seperti tenggelam, hanyut dibawa arus dan lainnya.

"Alhamdulillah, pengamanan berjalan dengan baik dan belum ada kecelakaan yang dialami pengunjung pantai," ujarnya.

Oleh karena itu, kata dia, BPBD membangun posko pengamanan di Pantai Tikus Emas dan sekitarnya di Kabupaten Bangka, karena gelombang dan pasang air laut yang cukup tinggi di kawasan wisata itu.

"TRC ini terus memantau pengunjung pantai dari tepi dan di tengah pantai, sebagai bentuk kesiapsiagaan petugas memberikan pertolongan kepada pengunjung objek wisata," katanya.

Ia mengimbau para pengunjung untuk waspada dan selalu memperhatikan kondisi cuaca demi keselamatan selama berlibur di pantai.

"Kami berharap para orang tua memperhatikan anak-anaknya yang bermain dan mandi di pantai, jangan sampai anak hanyut dan tenggelam karena tidak diawasi," katanya.
Pewarta : Aprionis
Editor: Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019