Makassar (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah mengapresiasi Program Mudik Gratis yang dilakukan sejumlah badan usaha milik negara (BUMN) pada Idul Fitri 1440 Hijriah.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, di Makassar, Kamis, mengatakan dirinya dan Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman telah melepas langsung ribuan pemudik ke berbagai daerah jelang hari Lebaran tahun ini.

"BUMN terutama telah menyiapkan angkutan mudik secara gratis, disiapin uang saku disiapin konsumsi untuk buka puasa di jalan," ujarnya pula.

"Saya ingin menyampaikan tahun ini adalah tahun paling tertib dalam penangan pemudik, jadi ini paling tertib, tentu kita harus mengapresiasi dan ini tidak saja tentu ada yang punya peran," katanya pada acara open house hari kedua di rumah jabatan gubernur hari ini.

Bukan hanya angkutan darat, badan usaha ini juga menyiapkan moda angkutan laut secara gratis, bahkan hingga dilanjutkan dengan penjemputan bus hingga ke kampung halaman pemudik.

"Penumpang yang ada di Makassar tidak ada lagi di tengah jalan, di pinggir jalan menunggu angkutan lanjutan. Semua sudah dijemput di dalam pelabuhan dengan gratis. Jadi saya kira ini sebuah peran yang luar biasa," ujarnya mengapresiasi.

Di hadapan 24 kepala daerah yang hadir pada open house tersebut, Nurdin menitipkan mereka berkenan termasuk untuk pemulangan mereka.

"Saya titipkan warga kita pak, karena kita tidak bekali untuk pulang. Jadi siapa tahu ada inovasi, kenapa kita tidak bekali pulang, karena kita tidak tahu kapang mereka pulang," katanya lagi.

Paling tidak banyak Program BUMN Mudik Gratis ini baru pertama kali dilakukan di Makassar bisa mengurangi beban mereka dari sisi biaya transportasi mudik.

"Saya kira yang penting berangkatnya sudah aman, mungkin pulangnya juga dengan keluarga masing-masing," katanya lagi.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019