Pontianak (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji, dalam pidato singkatnya sebelum Shalat Idul Fitri 1440 Hijriyah, meminta umat Muslim Kalbar yang merupakan penduduk mayoritas, untuk turut berperan aktif dalam pembangunan daerah tersebut.

"Umat Islam di Kalbar diharapkan banyak berperan membangun Kalbar. Jangan sampai salah langkah, Karena jika salah melangkah, maka Kalbar akan semakin terpuruk," kata Sutarmidji di depan ribuan jamaah shalat Idul Fitri di Masjid Raya Mujahidin Pontianak, Rabu.

Menurut Sutarmidji, Kalbar harus dapat mengejar ketertinggalan dari daerah-daerah dimanapun di Indonesia. Karena posisi Kalbar saat ini, jika dilihat dari Indeks pembangunan manusia (IPM) berada pada posisi 29 dengan daya saingnya berada di 28. Kemudian tingkat kesejahteraan berada di urutan 28, dan infrastrukturnya berada di urutan ke-33.

"Nah, dengan kondisi seperti ini, mari kita bersama-sama membangun Kalbar," kata gubernur.

Selain itu, Sutarmidji bersama wakil gubernur Ria Norsan yang dilantik Presiden Joko Widodo pada 5 September 2018 itu menyatakan akan berupaya bersama jajarannya untuk membangun Kalbar dengan terbuka dan transparan.

"Ingatkan saya jika ada hal-hal yang dianggap menyimpang, terutama dari sisi keuangan pemerintah. Insya Allah tahun depan kita akan lebih transparan dan semua orang bisa tahu tentang apa yang kita buat dan berapa duit Kalbar itu sendiri," katanya.

Ia menyatakan akan berpaya membentuk pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi.

"Percaya bapak ibu, itu yang akan saya lakukan. Sekali lagi kami ucapkan Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir batin," katanya mengakhiri sambutan sekitar 2 menit menjelang shalat Idul Fitri 1440 Hijriyah.

Pewarta: Nurul Hayat
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019