Kapolda Babel pantau posko pengamanan arus mudik

Kapolda Babel pantau posko pengamanan arus mudik

Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Brigjen Pol Istiono saat memantau keamanan di Pospam Pelabuhan Pangkalbalam, Selasa.  (Babel. Antaranews.com/Aprionis)

Pangkalpinang (ANTARA) - Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Brigjen Pol Istiono memantau posko pengamanan di Pelabuhan Pangkalbalam dan Bandara Depati Amir Pangkalpinang untuk  memastikan keamanan dan kelancaran arus mudik Lebaran Idul Fitri 1440 Hijrah di ibukota provinsi itu.

"Kita bersama Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil meninjau langsung kondisi keamanan di pos pengamanan arus mudik tahun ini," kata Brigjen Pol Istiono saat memantau keamanan di Pospam Pelabuhan Pangkalbalam, Selasa.

Selain memantau kelancaran arus mudik di pelabuhan dan bandara, Kapolda bersama Wali Kota beserta Forkominda Pemkot Pangkalpinang juga melakukan pemantauan keamanan di pusat perbelanjaan modern dan tradisional di ibukota Provinsi penghasil bijih timah nomor dua terbesar dunia tersebut.

"Hingga hari ini, situasi dan kondisi masih berjalan aman dan lancar," katanya.

Ia mengatakan, sejak pos pengamanan di pelabuhan, bandara dan pusat keramaian didirikan sejak H-7 sampai H-1 tidak pernah ada kejadian apapun dan kegiatan masyarakat berjalan aman dan lancar.

"Alhamdulillah aktivitas masyarakat yang berbelanja disana sangat aman san lancar. Saya juga sudah bertanya kepada para pedagang bahwa semuanya aman terkendali termasuk fluktuasi harga barang terpelihara sangat bagus," katanya.

Sementara, untuk kondisi di Pelabuhan Pangkalbalam juga terpantau aman dan lancar walaupun terjadi lonjakan penumpang hingga 40 persen.

"Lonjakan penumpang di pelabuhan ini dikarenakan tiket pesawat yang mahal. Namun efeknya sangat bagus bagi perputaran ekonomi masyarakat, dimana UMKM disekitar pelabuhan laku, angkutan transportasi darat hidup, tiket kapal laku dan lainnya. Yang terpenting aktivitas di pelabuhan berjalan aman dan lancar. Jadi kami tinggal antisipasi arus baliknya saja," katanya.

Sedangkan untuk di Bandara Depati Amir, juga berjalan dengan aman dan lancar, dimana untuk jumlah penumpang turun 11 persen jika dibandingkan tahun lalu.

"Walaupun terjadi penurunan, penumpang yang ada di bandara ini masih terpantau sangat padat. Sementara untuk keamanan tetap kami tingkatkan termasuk koordinasi antar instansi terkait yang bertugas dalam pengamanan," katanya.

Untuk fasilitas yang disediakan di bandara tersebut tergolong sangat baik dalam memberikan pelayanan dan pengamanan kepada para penumpang baik yang datang maupun berangkat.

Ia mengimbau kepada para penumpang untuk turut menjaga kondusifitas selama melaksanakan mudik baik melalui jalur darat, laut dan udara.

"Saya sampaikan kepada masyarakat yang mudik untuk selalu menjaga keselamatan jiwa sam hartanya. Hati-hati di jalan dan semoga selamat sampai tujuan," katanya. ***2***
Pewarta : Aprionis
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019