Tahun ini puncaknya pada 'H-3' atau tepatnya hari Minggu lalu. Jumlahnya lebih kecil bila dibandingkan 'H-3' tahun lalu yang mencapai 11.832 penumpang
Jakarta (ANTARA) - Kepala Terminal Bus Terpadu Sentra Timur Pulo Gebang, Ismanto, menjelaskan jumlah tertinggi penumpang yang berangkat pada arus mudik tahun ini terjadi pada "H-3" Lebaran atau Minggu (2/6/2019).

Ismanto mengatakan, pada "H-3" terdapat 357 armada bus yang memberangkatkan 11.766 penumpang. Angka ini lebih banyak dibandingkan "H-3" tahun 2018 yang juga menjadi puncak arus mudik penumpang.

"Tahun ini puncaknya pada H-3 atau tepatnya hari Minggu lalu. Jumlahnya lebih kecil bila dibandingkan H-3 tahun lalu yang mencapai 11.832 penumpang," ujar Ismanto kepada ANTARA di di Terminal Pulo Gebang, Selasa (4/6).

Baca juga: Menteri Perhubungan tinjau pelayanan di Terminal Pulo Gebang

Menurut Ismanto, sejak "H-7" hingga "H-2", total jumlah pemudik mencapai 59.187 orang. Pada rentang yang sama tahun lalu, jumlah penumpang yang pulang ke kampung halaman mencapai 60.734 orang.

"Dinamika jumlah pemudik bisa dipengaruhi beberapa hal, salah satunya adalah penetapan hari libur atau cuti bersama. Tahun lalu, hari liburan panjang terjadi sebelum lebaran. Sedangkan tahun ini hari liburan panjang terjadi setelah lebaran. Hal tersebut mempengaruhi minat masyarakat untuk mudik," tuturnya.

Baca juga: Pramuka bantu pemudik di Terminal Pulo Gebang

Salah seorang pemudik, Wahyu, memilih "H-1" untuk pulang ke kotanya di Solo karena baru mendapatkan izin libur dari tempatnya bekerja beberapa hari lalu.

"Awalnya saya tidak berniat pulang karena tidak tahu akan mendapat jatah libur atau tidak. Baru dapat kabar semalam bisa libur sampai hari Jumat, jadi saya putuskan untuk pulang ke rumah orangtua," ujar Wahyu yang bekerja sebagai karyawan swasta.

Untuk wilayah Pulau Jawa, mayoritas kota tujuan pemudik adalah Wonogiri, Tegal, Pekalongan, Yogyakarta, dan Solo. Sedangkan wilayah Sumatera, kota-kota yang menjadi tujuan pemudik adalah Padang, Lampung, dan Medan.

Baca juga: Masjid di dalam Terminal Pulo Gebang terima zakat fitrah

Baca juga: H-2 Lebaran, jumlah pemudik di Terminal Pulo Gebang menurun

Baca juga: Mudik tahun ini, porter terminal Pulo Gebang gigit jari


Pewarta: Adnan Nanda
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019