Wakil Bupati apresiasi kinerja Baznas Gorontalo Utara

Wakil Bupati apresiasi kinerja Baznas Gorontalo Utara

Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu, didampingi Ketua Baznas Kabupaten, Rahmat Kasim, melakukan penyaluran zakat kepada kaum mualaf di daerah itu.

Gorontalo (ANTARA) - Wakil Bupati Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Thariq Modanggu, di Gorontalo, Senin, mengapresiasi kinerja Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di daerah itu, terhadap kegiatan penyaluran zakat fitrah, infaq dan sedekah kepada fakir miskin dan beberapa golongan yang berhak menerima.

"Kepengurusan Baznas kali ini tergolong baru, namun sudah mampu maksimal melakukan pengelolaan zakat dan penyalurannya," ujar Wakil Bupati yang ikut menyerahkan zakat fitrah kepada kaum mualaf yang dikemas dalam kegiatan dakwah mualaf dan sholat tarawih bersama di masjid Agung Baiturahim Moluo, Kecamatan Kwandang.

Ia menjelaskan, zakat tidak sekedar urusan harta dan status sosial, namun zakat merupakan ibadah yang wajib ditunaikan.
Selain menjadi pertanggungjawaban umat Islam kepada Sang Pencipta, namun secara horisontal melatih kepekaan dan jiwa sosial yang tinggi antara sesama manusia.

Dengan harta yang dimiliki, kata Wakil Bupati, tidak serta merta menghilangkan kepekaan rasa empati kepada sesama.
Dengan berzakat, sikap saling memberi dan rasa akan senantiasa dimiliki manusia, khususnya umat Islam.

Zakat yang ditunaikan pun senantiasa disertai doa dan harapan, agar ke depan diberikan keluasan rezeki untuk menunaikannya kembali.

Keberadaan Baznas dan pengelolaan yang semakin baik, diharapkan semakin menumbuhkan kepercayaan umat untuk menyalurkan sebagian harta atau pendapatannya melalui zakat, infaq maupun sedekah.

Zakat pun kata Wakil Bupati, menjadi bagian penting dalam upaya pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan, khususnya di daerah itu.

Sementara itu, Ketua Baznas Gorontalo Utara, Rahmat Kasim mengatakan, kegiatan penyaluran zakat bagi kaum mualaf tersebut, merupakan program kerja di akhir semester pertama tahun 2019.

Hingga saat ini kata dia, Baznas telah membangun 11 unit rumah sejahtera, dengan nilai Rp25 juta per unit.

Selama bulan Ramadhan 1440 Hijriah, kata dia, Baznas bersama pemerintah daerah telah menyalurkan bantuan untuk pembangunan masjid di beberapa titik tersebar di 11 kecamatan. "Total keseluruhan anggaran yang telah disalurkan di bulan Ramadhan ini, mencapai Rp256 juta, yang telah disalurkan kepada seluruh penerima yang berhak," ujarnya.*

Baca juga: H-2 Lebaran, mudik gratis hingga bayar zakat di terminal

Baca juga: Masjid di dalam Terminal Pulo Gebang terima zakat fitrah
Pewarta : Susanti Sako
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019