Paket pangan Ramadhan dibagikan ACT dan klinik perawatan kulit

Paket pangan Ramadhan dibagikan ACT dan klinik perawatan kulit

Penerima bantuan paket pangan Ramadhan di Kabupaten Purworejo berfoto bersama dengan perwakilan dari ACT Jawa Tengah dan DrW Skincare. (FOTO ANTARA/HO-ACT)

Semarang (ANTARA) - Global Zakat bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jawa Tengah menggandeng Klinik DrW Skincare membagikan 16.000 paket pangan Ramadhan untuk warga prasejahtera dan anak yatim serta kalangan lanjut usia yang ada di Kabupaten Purworejo.

Kepala Cabang ACT Jateng Sri Suroto di Semarang, Minggu, mengatakan bahwa kegiatan yang bertujuan membagi kebahagiaan pada bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah tersebut telah dilaksanakan sejak Kamis (30/5).

"Sebanyak 16.000 paket pangan Ramadhan berhasil didistribusikan di lebih dari 70 desa yang tersebar di seluruh Kabupaten Purworejo," katanya.

Menurut dia, proses penyaluran paket pangan tersebut berlangsung selama tiga hari dengan cara mengumpulkan warga di masjid, balai desa, atau salah satu rumah tim sukarelawan.

"Masyarakat kami kumpulkan setelah dilakukan peninjauan sebelumnya, hal ini selain memudahkan distribusi juga kami berikan motivasi agar masyarakat mendapatkan penguatan rohani dan tetap istiqomah dalam beribadah dengan segala keterbatasan yang ada," ujarnya.

Selain mengumpulkan warga, tim sukarelawan juga mendatangi beberapa penerima manfaat yang mengalami keterbatasan fisik.

"Karena kondisi fisik warga yang tidak bisa datang ke titik kumpul pembagian atau karena faktor jarak, tim Masyarakat Relawan Indonesia (MRI)-ACT menyalurkan bantuan dengan cara 'door to door', kita langsung datangi rumah warga satu persatu," katanya.

Pendiri DrW Skincare, Wahyu Triasmara, mengucapkan terima kasih kepada para sukarelawan dari ACT yang dibantu MRI dan berbagai komunitas peduli lainnya dalam pendistribusian paket pangan.

"Paket pangan ini bukan berasal dari kami, tapi titipan dari Allah SWT yang diamanahkan kepada Klinik DrW Skincare. Ini memang kewajiban dari kami yang sudah diberikan kelebihan rezeki sehingga wajib bagi kami untuk menyalurkan zakat kepada saudara yang membutuhkan," ujarnya.

Ia menyebutkan proses pendistribusian paket panhan Ramadan dilakukan di 16 kecamatan dengan penerima manfaat mencapai 64.000 orang dhuafa.

"Selagi kami masih longgar, Insya Allah Klinik DrW Skincare akan berusaha membaktikan diri demi kemaslahatan umat dan untuk kebaikan-kebaikan masyarakat. Mudah-mudahan doa restu dari bapak ibu sekalian membuat kami terus dapat istiqomah untuk berjuang bersama," katanya.

Kepala Desa Sidarum, Sugiarto, menyampaikan terima kasih atas bantuan paket pangan dan zakat yang diberikan kepada sejumlah warganya.

"Bantuan yang diberikan sangat bermanfaat bagi warga kami yang tidak mampu, apalagi ini mendekati Idul Fitri, dimana harga-harga banyak yang naik sehingga menyulitkan warga kami untuk memenuhi kebutuhan jelang Lebaran," ujarnya.

Baca juga: ACT Jateng ajak masyarakat lebih peduli terhadap sesama

Baca juga: Kepadatan lalu lintas Yogyakarta-Purworejo di Kulon Progo naik

Baca juga: Menu mudik klasik rica-rica entok di Purworejo
Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019