Wali Kota sebut lahan parkir di Sukabumi belum memadai

Wali Kota sebut lahan parkir di Sukabumi belum memadai

Kondisi lahan parkir di pusat perbelanjaan tepatnya di Jalan Harun Kabir, Kota Sukabumi, Jawa Barat. (Foto: Aditya Rohman/Antaranews).

Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Kota Sukabumi hingga saat ini belum memiliki lahan parkir yang memadai khususnya di lokasi pusat perdagangan sehingga badan jalan kerap tempat parkir yang akibatnya arus lalu lintas tersendat dan terlihat semraut.

"Penyediaan lahan parkir ini memang menjadi pekerjaan rumah kami yang berat, karena untuk menyediakan tempat parkir yang strategis membutuhkan lahan yang cukup luas sementara di Kota Sukabumi terbatas," kata Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi di Sukabumi, Sabtu.

Dalam penyediaan lahan parkir tersebut Pemkot Sukabumi akan bekerja sama dengan pihak ketiga atau investor namun saat ini belum ada yang berminat. Menurutnya, ada beberapa kantong parkir di Kota Mochi ini seperti di Jalan Ahmad Yani dan Harun Kabir yang merupakan pusat ekonomi masyarakat.

Selain itu, setelah Idul Fitri pihaknya akan berkoordinasi dengan Managemen City Mall di Jalan Ahmad Yani untuk penyediaan lahan parkir tersebut, karena di sepanjang jalan itu merupakan tempat perbelanjaan sehingga banyak kendaraan yang parkir hingga di badan jalan.

Karena keterbatasan lahan parkir tersebut, pihaknya sengaja menggunakan bahu jalan untuk dijadikan tempat parkir. Agar kendaraan yang parkir bisa lebih tertata dan pemilik kendaraan tidak sembarangan memarkirkan kendaraannya.

"Memang untuk penyediaan lahan parkir ini menjadi tugas berat kami, sebab lahan yang semakin terbatas tetapi jumlah kendaraan setiap bulannya terus bertambah. Sehingga perlu solusi yang tepat dalam penyediaannya dan lokasinya pun harus strategis," tambahnya.

Di sisi lain, Fahmi kerap mengimbau kepada masyarakat agar membiasakan menggunakan angkutan umum dalam bepergian baik menggunakan kendaraan umum konvensional maupun online yang tujuannya untuk mengurangi volume kendaraan di Kota Sukabumi.

Bayangkan saja setiap bulannya jumlah kendaraan bertambah 1.500 unit namun jalan dan lahan parkir tetap atau tidak bertambah. Sehingga jalan yang ada sekarang sudah terbatas daya tampungnya, ini membutuhkan kesadaran dari masyarakat untuk membiasakan diri menggunakan angkutan umum. 

Baca juga: Volume kendaraan luar kota padati jalan protokol di Sukabumi

Baca juga: Mendekati Lebaran Polantas larang kendaraan masuk ke Jalan Harun Kabir


 
Pewarta : Aditia Aulia Rohman
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2019