Kapolda Metro harap mudik 2019 lebih baik dari 2018

Kapolda Metro harap mudik 2019 lebih baik dari 2018

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono turun di Mapolda Metro Jaya, selepas melakukan pemantauan udara jalur tol Jakarta-Cikampek, Sabtu (1/6). (Humas Pemprov DKI Jakarta)

Jakarta (ANTARA) - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono mengharapkan musim mudik lebaran tahun 2019 bisa lebih baik lagi dari mudik tahun 2018.

"Jadi semua kekuarangan yang ada tahun lalu kita coba lengkapi tahun sekarang, harapannya masyarakat bisa mudik dengan aman dan nyaman," kata Gatot di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu.

Gatot sendiri pada hari ini memantau arus lalu lintas ke arah luar Jakarta yakni menyusuri Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jagorawi bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono.

Berdasarkan pantauan mereka, sementara kelengangan terjadi di Jagorawi, kepadatan terjadi di tol Cikampek. Namun tidak ada titik macet krusial.

"Kami bertiga melakukan pemantauan ada gak titik-titik kemacetan yang menimbulkan tersendat, ternyata gak ada. Semua berjalan, melambat memang, tapi itu wajar tadi ada contraflow juga," ujar Gatot

Gatot mengharapkan dengan kondisi demikian, pemudik bisa pulang ke kampung halamannya dengan aman dan nyaman.

"Polda Metro Jaya sudah menyiapkan pos-pos keamanan dan pelayanan di mana di situ ada teman TNI, Dinkes dan lain sebagainya. Ini demi untuk membuat masyarakat aman dan nyaman termasuk pos di rest area hingga harapan kami mudik tahun ini bisa dijalani dengan tingkat keamanan yang tinggi," ujar dia menambahkan.

Hari raya Idul Fitri akan jatuh antara tanggal 5 Juni 2019 hingga 6 Juni 2019.

Kementerian Perhubungan memprediksi puncak arus mudik lebaran 2019 bergeser dari semula pada Jumat (31/5) menjadi pada Sabtu ini. Prediksi itu berdasarkan hasil pemantauan pada 31 Mei yang menunjukkan semua moda belum mengalami lonjakan arus kendaraan.
Pewarta : Ricky Prayoga
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2019