Tahun lalu taman bacanya belum ada, baru sekarang saya lihat ada. Lumayan, anak-anak jadi tidak bosan
Jakarta (ANTARA) - Taman Baca Kemala yang berada di dalam ruang tunggu penumpang Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, membuat beberapa pemudik terutama  anak-anak tidak bosan menunggu jadwal keberangkatan kapal.

Pasalnya, pemudik cilik dapat bermain selucuran, bola kecil, ayunan ataupun membaca buku-buku anak di dalam taman baca tersebut.

Menurut seorang pemudik asal Tangerang, Yuni, di Jakarta, Sabtu, adanya taman baca itu jadi hiburan buat dua orang anaknya, Sita dan Gibran.

"Tahun lalu taman bacanya belum ada, baru sekarang saya lihat ada. Lumayan, anak-anak jadi tidak bosan," kata Yuni yang rutin mudik ke Magelang menggunakan kapal KM Dobonsolo rute Jakarta-Semarang.

Senada dengan Yuni, Asri, pemudik asal Jakarta, mengatakan adanya taman baca membantu dia mengasuh anaknya, Alfi, agar tak menangis karena bosan.

"Alhamdulillah, Alfi anteng (tenang, red) bermain. Di sini juga adem (sejuk, red)," kata Asri yang akan pulang ke kampung halamannya di Solo.

Sejak Sabtu pagi, sekitar 500 penumpang telah memadati Pelabuhan Tanjung Priok untuk mengikuti program mudik gratis KM Dobonsolo rute Jakarta- Semarang. Setidaknya, sekitar 1.000 penumpang mendaftar untuk mengikuti program mudik via kapal berkapasitas 1.250 orang itu.

Rencananya, KM Dobonsolo akan berlayar dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, menuju Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang pada pukul 16.00 WIB.

 

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019