Harapan saya tentu saja kegiatan ini dilaksanakan secara berkesinambungan tapi pesertanya ditambah. Kalau tahun ini 1.500 peserta maka tahun depan harusnya bisa 2.500 peserta
Cikarang, Bekasi (ANTARA) - Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, memberangkatkan 1.500 pemudik asal Kabupaten Bekasi dalam agenda mudik bersama dengan tujuan Provinsi Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Lampung. 

Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Uju memimpin secara langsung keberangkatan 38 bus pemudik itu di Stadion Wibawa Mukti Cikarang Timur, Sabtu. 

"Ini menjadi bukti kepedulian pemerintah daerah bersama BPJS Ketenagakerjaan dalam memberikan kemudahan peserta pada musim mudik tahun ini, termasuk bagi keluarganya," kata dia.

Mudik bersama ini menjadi kali kedua yang digelar di Kabupaten Bekasi. Sebelumnya, mudik bersama BPJS Ketenagakerjaan dilakukan setahun yang lalu di lokasi yang sama dengan jumlah peserta 1.000 pemudik.

Uju mengatakan, Kabupaten Bekasi sudah selayaknya mendapatkan pelayanan mudik gratis mengingat Bekasi sebagai daerah dengan kawasan industri terbesar di Indonesia, menjadi salah satu penyumbang kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan terbesar.

"Harapan saya tentu saja kegiatan ini dilaksanakan secara berkesinambungan tapi pesertanya ditambah. Kalau tahun ini 1.500 peserta maka tahun depan harusnya bisa 2.500 peserta," katanya.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cikarang Bekasi, Achmad Fatoni mengatakan mudik gratis ini digelar sebagai bentuk apresiasi kepada para peserta BPJS Ketenagakerjaan. Tidak hanya itu, peserta pun diperbolehkan mengajak istri dan dua anaknya untuk mudik bersama.

"Jadi tidak hanya peserta tapi mereka bersama keluarganya. Kami ingin memberi kenyamanan kepada peserta, tidak perlu mencari bus atau ke terminal," katanya.

Fatoni menjelaskan, peserta mudik bersama ini terdiri atas tiga segmen di antaranya sektor penerima upah, sektor perorangan, serta sektor perusahaan jasa konstruksi yang tengah membangun infrastruktur di Kabupaten Bekasi.

Sesuai tujuannya, mereka akan diberangkatkan menuju Lampung dengan titik akhir Metro, berhenti di Kalianda serta Terminal Rajabasa.

Kemudian untuk tujuan Jawa Tengah terdapat tujuh titik tujuan akhir yakni Yogyakarta I, Yogyakarta via Tasikmalaya, Kudus, Pekalongan, Pacitan, Wonogiri dan Solo.

"Sedangkan tujuan Jawa Timur, terdapat tiga tujuan akhir yakni Mojokerto, Malang dan Surabaya," katanya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi, Edy Rochyadi mengatakan, mudik bersama BPJS Ketenagakerjaan menambahkan rangkaian mudik gratis bagi karyawan. Selain digelar BPJS Ketenagakerjaan, kegiatan serupa pun digelar oleh sejumlah perusahaan lainnya.

"Tentu dengan adanya BPJS Ketenagakerjaan ini semakin baik, berarti membantu para tenaga kerja yang pulang kampung. Mudik gratis ini juga digelar perusahaan lain untuk internal perusahaannya, ada juga karyawan yang kasih ongkos mudik. Tentu ini sangat baik," katanya.
 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019