Mataram (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Barat H Zulkieflimansyah bersama sejumlah pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) mengecek kesiapan fasilitas dan pelayanan angkutan mudik Lebaran 2019, Jumat.

Sejumlah fasilitas seperti Terminal Mandalika di Kota Mataram, Pelabuhan Lembar di Kabupaten Lombok Barat dan Bandara Internasional Lombok (BIL) di Kabupaten Lombok Tengah, termasuk posko keamanan untuk mudik lebaran dicek
Gubernur NTB Zulkieflimansyah.

"Ini kita lakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pemudik," ujar gubernur.

Doktor Zul sapaan Gubernur NTB juga mengingatkan para pemudik maupun sopir bus untuk selalu meningkatkan kehati-hatian dan mematuhi seluruh rambu-rambu lalul lintas selama dalam perjalanan,  termasuk angkutan udara dan laut.

"Tingkatkan kehati-hatian dan siapkan diri dan kendaraan yang digunakan agar selamat sampai tujuan," ucap Doktor Zul.

Pengecekan fasilitas dan layanan arus mudik lebaran ini juga disertai penempelan stiker khususnya armada lebaran oleh Gubernur NTB Zulkieflimansyah didampingi Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, Wakapolda NTB Brigjen Polisi Tajuddin dan unsur Forkopinda Provinsi NTB.

Kepala Dinas Perhubungan NTB Lalu Bayu Windia mengatakan fasilitas dan angkutan lebaran di daerah itu sudah siap baik di terminal, pelabuhan maupun bandara.

"Perkiraan kita tahun ini jumlah pemudik sekitar 19 ribu orang, sedangkan ketersediaan kendaraan atau moda transportasi dengan pemudik mencukupi. Sudah aman untuk transportasi," jelas Bayu.

Sebelum melakukan pengecekan kesiapan lebaran, Gubernur Zulkieflimansyah melepas 135 pemudik gratis yang berasal dari kalangan mahasiswa di Kota Mataram.

Para mahasiswa ini mudik ke sejumlah kota di Pulau Sumbawa, seperti Bima dan Dompu. Terdapat tiga bus Damri digunakan untuk mudik gratis tersebut.

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Eddy K Sinoel
Copyright © ANTARA 2019