Demak (ANTARA) - Kondisi arus lalu lintas di sepanjang Jalan Pantura Timur Demak-Kudus, Jawa Tengah, pada H-5 Lebaran sangat lancar dan belum menunjukkan adanya kepadatan arus lalu lintas, terutama pemudik yang berasal dari luar daerah.

Berdasarkan pantauan Jumat, arus lalu lintas baik dari arah Surabaya maupun Jakarta yang melintasi Jalur Pantura Demak-Kudus sangat lancar.

Apalagi sepanjang perjalanan dari Kudus ke Demak, tidak terlihat kendaraan bersumbu yang biasanya menjadi salah satu penyebab terjadinya kepadatan arus lalu lintas.

Kepadatan arus lalu lintas, terlihat di tempat-tempat yang dijadikan untuk berbalik arah karena Jalan Demak-Semarang dilengkapi median jalan sehingga menimbulkan antrean.

Akan tetapi, secara umum jalur mudik Kudus-Demak lancar.

Kendaraan di sepanjang Jalan Kudus-Demak masih didominasi warga lokal, sedangkan pemudik yang ditandai dengan membawa barang bawaan di atas atap kendaraan dan pelat nomor luar kota hanya berkisar 10-an kendaraan.

Pemudik sepeda motor juga hanya terlihat tiga kendaraan yang melintas secara rombongan.

"Belum ramainya pemudik, dimungkinkan karena banyak pemudik yang memilih jalur tol," kata Kasat Lantas Polres Demak Eko Rubiyanto di Demak, Jumat.

Kalaupun banyak pemudik yang melintas, kata dia, merupakan pemudik lokal dari kabupaten sekitar, seperti Demak, Pati maupun Jepara.

Ia mengingatkan pemudik untuk istirahat ketika mengalami kelelahan karena di jalur mudik tersedia pos pengamanan mudik Lebaran.

"Jagalah kesehatan dan sebelum perjalanan pastikan kendaraan sudah siap menempuh perjalanan jauh," ujarnya.

Ia menyarankan saat mudik tidak menggunakan kendaraan roda dua karena bukan alat transportasi umum.

Kasatlantas Polres Kudus AKP Ikrar Potawari menambahkan belum banyaknya pemudik yang melintas karena saat ini banyak yang belum mudik.

Bahkan, lanjut dia, Sabtu (1/6) masih kegiatan upacara Hari Lahir Pancasila sehingga masih ada yang belum mudik.

"Puncak arus mudik, dimungkinkan akhir pekan ini," ujarnya.

Untuk antisipasi kepadatan arus lalu lintas, sudah disiapkan personel yang akan bertugas secara "mobile", terutama di titik rawan kemacetan.

Hingga hari ini (Jumat,31/5), masih terlihat aktivitas kerja di sejumlah perusahaan yang berada di Jalur Pantura Demak-Kudus masih ada aktivitas kerja yang dimungkinkan hari terakhir masuk kerja sebelum libur Lebaran.

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019