Tangerang (ANTARA) -
Dibukanya jalur perimeter selatan di kawasan Bandara Soekarno - Hatta Tangerang Banten disambut baik warga karena dapat mengurangi jarak tempuh sebelum dibuka.

Syahril, warga Kelurahan Batujaya Batuceper di Tangerang Jumat mengatakan, setelah dibukanya kembali jalur perimeter selatan kini jarak tempuh ke bandara lebih cepat 30 menit.

Warga yang bekerja sebagai porter di Bandara Soetta ini, tak perlu berputar arah untuk bisa masuk ke dalam kawasan Bandara.

Selama ini dirinya harus melewati jalan Husein Sastranegara dan banyak kendaraan besar sehingga sangat rawan untuk keamanan.

"Setelah dibuka kembali jalur perimeter lebih dekat dan cepat. Kondisi jalannya pun sangat bagus sebab kendaraan yang melintas tak ada yang bertonase besar," ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Katrina Iswandar yang bekerja di Pemkot Tangerang jika pembukaan jalan perimeter selatan membuatnya mudah ketika akan melakukan perjalanan ke luar daerah.

Sebab, dirinya harus masuk jalur tol Soediyatmo jika ingin ke Bandara Soetta. Hal ini untuk menghindari kemacetan dan juga pengalihan jalan.

"Kini lebih dekat, apalagi jika ada tamu dari luar daerah maka akan sangat mudah dan cepat melakukan penjemputan," paparnya.

Jalan Perimeter Selatan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta telah dibuka seperti semula yakni 24 Jam mulai Kamis (30/5/2019).

Febri Toga Simatupang, Senior Manager Of Branch Communication and Legal, Bandara Internasional Soekarno-Hatta menyatakan, dengan begitu, masa uji coba terbatas yang sebelumnya dioperasikan pukul 04.00 hingga 09.00 dan dilanjutkan pukul 15.00 hingga 21.00 akan segera berakhir.

Kesepakatan dibuka 24 Jam pada Kamis 30 Mei 2019 merupakan hasil rapat evaluasi gabungan antara Polres Bandara Soekarno-Hatta, Dinas Perhubungan Kota Tangerang, PT Kereta Api Indonesia, PT Waskita Karya dan PT Angkasa Pura II (Persero).

Sementara itu hasil evaluasi sejak dioperasikan Jalan Perimeter Selatan dalam sepekan terakhir, diputuskan untuk melengkapi Jalan Perimeter Selatan dengan menambah speed trap, rambu, dan perlunya penerangan ditingkatkan.

Meski dibuka 24 Jam, tetapi tetap kendaraan bertonase besar dan memiliki ketinggian lebih dari 3 meter tidak dapat melintas.

Baca juga: 30 Mei, Jalan Perimeter Selatan Bandara Soekarno-Hatta Dibuka 24 Jam

Baca juga: Walkot Tangerang berharap Perimeter Selatan aman dilewati pengendara

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019