Samarinda (ANTARA) - Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura (DPTPH) Provinsi Kaltim menggelar Gebyar Pangan Murah bahan makanan pokok dan sejumlah produk makanan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

Pangan Murah dilaksanakan di halaman Kantor Dinas PTPH Jalan Basuki Rahmat Samarinda dan dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi.

Hadi Mulyadi kepada awak media di Samarinda, Rabu, mengatakan Gebyar Pangan Murah diharapkan bisa membantu masyarakat dan para karyawati untuk memenuhi kebutuhannya dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 H yang kini sudah di depan mata.

Ia mengingatkan pentingnya menjaga ketahanan pangan sehingga masyarakat tidak terlalu terbebani dengan harga pangan yang meroket menjelang Lebaran. "Kita berikan apresiasi kepada Dinas PTPH yang rajin turun ke lapangan dalam memajukan sektor pertanian di Kaltim."

Kepala Dinas PTPH Kaltim H Ibrahim mengatakan kegiatan pangan murah ini memang merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan instansinya untuk mengantisipasi keluhan masyarakat atas kenaikan harga setiap tahunnya.

Menurut dia, pasar murah seperti ini bisa dilaksanakan tiga hingga empat kali menjelang dan selama bulan Ramadhan. "Kemarin kita sudah melakukan bazar. Juga peresmian Toko Tani Center. Kegiatan gebyar ini kerjasama dengan kelompok tani dan agen untuk menjual berbagai kebutuhan masyarakat khususnya dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 H."

Sejumlah bahan makanan pokok seperti beras, gula pasir, mie instan, aneka kue kering dijual dalam kios pasar murah tersebut dengan harga di bawah harga pasar. "Pasar murah ini tidak hanya untuk para pegawai di sini, masyarakat umum juga boleh membelinya, tentunya sesuai ketentuan batasan produk yang disediakan," katanya.*


Baca juga: Pemkab Bangka Tengah gelar operasi pasar murah

Baca juga: Bulog Aceh siap layani permintaan paket pasar murah hingga H-1 Lebaran


Pewarta: Arumanto
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019