Angkasa Pura Yogyakarta tambah 29 penerbangan ekstra di dua bandara

Angkasa Pura Yogyakarta tambah 29 penerbangan ekstra di dua bandara

Aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta. (Foto Antara/ Victorianus Sat Pranyoto)

Sleman (ANTARA) - PT Angkasa Pura I (Persero) pada mudik Lebaran 2019 menyediakan sebanyak 29 extra flight yang dilayani di dua bandara yaitu Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta dan Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo.

"Ada sebanyak 29 extra flight, dua diantaranya di layani di YIA," kata General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama di Sleman, Rabu.

Menurut dia, sampai dengan saat ini telah 34 permohonan extra flight. Namun dari 34 pengajuan tersebut, sebanyak 29 extra flight yang telah mendapatkan persetujuan.

"29 yang telah disetujui dan diminta untuk melengkapi fasilitas layanan penerbangan pada Lebaran nanti," katanya.

Ia mengatakan, belum banyaknya extra flight di YIA dikarenakan dari maskapai meminta tambahan penerbangan pada malam hari. Padahal untuk operasional YIA baru beroperasi dari pukul 06.00-18.00 WIB.

"Karena itu  untuk penerbangan malam tetap akan ada di Adisutjipto, extra flight di YIA itu ada Garuda dan Air Asia dengan rute Cengkareng," katanya.

Agus Pandu mengatakan di YIA sudah melayani penerbangan dari Citylink. Selanjutnya ada Batik Air dengan rute Cengkareng-YIA-Palangkaraya.

"Untuk kelanjutannya akan ada Samarinda, Balikpapan dan Ngurah Rai (Bali). Lion juga sudah mengajukan, hanya saja masih menunggu izin dari Kementerian Perhubungan," katanya.

Ia mengatakan, rata-rata pergerakan pesawat dalam layanan penerbangan selama Lebaran adalah 178 pergerakan per hari.

"Total ada lima maskapai yang telah siap menambah penerbangan untuk mengakomodasi arus mudik dan arus balik melalui Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta dan YIA mulai 26 Mei - 13 Juni 2019," katanya.

Maskapai tersebut meliputi Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air, Express Air dan Air Asia dengan tujuan Jakarta, Makassar, Bali, Pontianak, Balikpapan dan Samarinda.

Ia mengatakan, pada arus mudik 2019 ini, pihaknya juga mendirikan Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran Tahun 2019 1440 H.

Sebanyak 105 personel yang terdiri dari 60 Tim personel gabungan serta 55 personel PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto akan terlibat.

Adapun lokasi posko terletak di area Lobby Terminal A dan area Parkir Terminal B Bandara Internasional Adisutjipto dan diselenggarakan mulai H-7 sampai H+7 lebaran 2019. Penyelenggaraan yang sama juga diberlakukan di YIA.

 
Pewarta : Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Masnun
COPYRIGHT © ANTARA 2019