Pemudik diimbau manfaatkan Aplikasi Mobile JKN untuk konsultasi

Pemudik diimbau manfaatkan Aplikasi Mobile JKN untuk konsultasi

Direktur Utama BPJS Kesehatan memeriksa tekanan darah di posko mudik BPJS Kesehatan di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Rabu (29/5/2019). Posko mudik tersebut melayani pengecekan tekanan darah dan pemeriksaan kesehatan dasar lainnya. (ANTARA/Aditya Ramadhan)

Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Fachmi Idris mengimbau pemudik untuk memanfaatkan aplikasi Mobile JKN sebagai media konsultasi kesehatan selama perjalanan mudik Lebaran 2019.

"Dengan menggunakan aplikasi Mobile JKN bisa berkonsultasi tentang segala hal kesehatan, kami punya dokter 24 jam di situ Care Center kami," kata Fachmi usai meresmikan posko mudik BPJS Kesehatan di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Banten, Rabu.

Fachmi mengatakan petugas kesehatan yang berada di posko mudik BPJS Kesehatan yang berada di delapan titik berbeda dapat memberikan program promotif preventif kesehatan selain juga untuk mengobati bagi yang sakit.

Fachmi menekankan pentingnya menjaga kebersihan makanan yang dikonsumsi selama perjalanan mudik bagi orang yang membatalkan puasanya karena alasan musafir.

"Paling banyak kalau tidak mengontrol makanan, biasanya soal kebersihan makanan dan lain-lain kami ingatkan soal-soal seperti itu," kata dia.

Selama libur Lebaran 1440 H, peserta Jaminan Kesehatan Nasional bisa menghubungi layanan informasi dan pengaduan BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 yang beroperasi 24 jam dalam tujuh hari, atau dengan mengunduh aplikasi Mobile JKN yang dapat memberikan informasi mengenai pengaduan, konsultasi kesehatan, mendapatkan pelayanan administrasi peserta JKN-KIS, pendaftaran peserta JKN-KIS.

BPJS Kesehatan menyediakan delapan lokasi posko mudik yaitu di Terminal Pulo Gebang Jakarta, Terminal Bungurasih Surabaya, Rest Area Tol Cikampek Km 57 Karawang, Rest Area Tol Purwakarta Km 88 Purwakarta, Rest Area Tol Ungaran Km 429 Semarang, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Pelabuhan Gilimanuk Bali, dan Pelabuhan Merak Banten.

Posko mudik tersebut melayani berbagai fasilitas untuk pemudik mulai dari pemeriksaan kesehatan dasar hingga menyediakan kursi pijat untuk relaksasi.

BPJS Kesehatan juga memberikan keleluasaan bagi peserta JKN dengan bisa bebas berobat di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) mana saja di masa mudik lebaran.

Selain itu peserta juga bisa berobat langsung ke IGD rumah sakit untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dasar apabila tidak ada Puskesmas atau klinik yang buka saat libur lebaran.
Baca juga: Posko mudik BPJS Kesehatan layani cek kesehatan hingga kursi pijat
Baca juga: BPJS Kesehatan sediakan aplikasi mudahkan peserta JKN-KIS mudik

Pewarta : Aditya Ramadhan
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019