Yogyakarta (ANTARA) - Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Operasi Ketupat Progo 2019 memberikan perhatian khusus terhadap pengamanan kawasan objek wisata yang akan dipadati pengunjung selama libur Lebaran 2019.

"Fokus pengamanan kita adalah objek wisata karena Yogyakarta menjadi pusat kepadatan pengunjung," kata Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dhofiri seusai Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Progo 2019 di halaman Markas Polda Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, Yogyakarta tidak hanya padat saat lebaran. Pada libur akhir pekan wisatawan dari berbagai daerah memadati daerah itu.

Menurut Dhofiri, salah satu destinasi yang menjadi perhatian Polda DIY adalah Pantai Parangtritis karena kerap terjadi kecelakaan laut.

"Seperti di wisata pantai, jalur-jalur menanjak dan sempit yang banyak mengakibatkan kecelakaan akan menjadi perhatian kita. Kita akan meningkatkan pengamanan berkali lipat dari saat akhir pekan atau libur biasa," kata dia.

Selama Operasi Ketupat Tahun 2019, yang akan digelar selama 13 hari, mulai Rabu (29/5) dini hari, sampai dengan 10 Juni 2019, Polda DIY menerjunkan 2.700 personel,  masih ditambah bantuan instansi lainnya sehingga total ada 5.000 personel yang akan mengamankan arus mudik dan arus balik Lebaran 2019.

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Eddy K Sinoel
Copyright © ANTARA 2019